Setahun di TPB STEI (Part 2)

10.31


Oke lanjut…
Selain fisika, mata kuliah lain berlangsung normal. Gak ada yang se’lebay’ fisika.
Salah satu mata kuliah yang saya sukai pada semester 1 adalah bahasa inggris. FYI, di TPB ITB, ada 3 jenis kelas bahasa inggris, yakni writing, presentation, dan reading. Apa bedanya? Perbedaannya terletak pada hal yang dipelajarinya. Pembagian kelas ini didasarkan pada hasil test yang diselenggarakan pas awal masuk ITB (sebelum PROKM/OSKM). Konon katanya kelas yang paling enak itu adalah kelas presentasi. Alasannya karena gampang dapet nilai A. Kebetulan saya kebagiannya kelas presentasi. Seneng rasanya. Dan memang benar. Kuliah dikelas presentasi ini sangat menyenangkan karena ga ada ujian tulisnya. Penilaiannya hanya dari presentasi kita (sebanyak 3 kali) dan dari lembar penilaian atau komentar kita terhadap presentasi orang lain. Topik presentasi yang pernah saya bawakan adalah tentang the risk of mobile phone radiation, ascariasis, dan nanorobots. Menurut saya, presentasi terbaik saya adalah pas temanya ascariasis. Kenapa? Karena audiencenya kelihatan puas.

Oh, iya semester 1 khusus STEI ada mata kuliah PTI A. Pada kuliah ini, saya belajar algoritma dan pemrograman dalam bahasa pascal. Kuliah ini seminggunya dua kali, yaitu kuliah dikelas dan praktikum di lab informatika dasar. Waktu dikelas, saya belajar algoritmanya. Sedangkan pas praktikum itu dites pake bahasa pascal. Itulah yang saya galaukan. Karena kita harus belajar sendiri bahasa pascalnya, Dikelas tuh cuman dibahas dikit. Kuliahnya itu hari senin, praktikumnya hari rabu pagi. Nah, saya selalu ga sempet belajar untuk praktikum PTI karena lebih fokus pada praktikum setelah PTI (hari rabu siang) yaitu praktikum fisika atau kimia (gantian tiap minggu). Jadi, ya sudah pas praktikum itu galau segalau galaunya karena soal praktikumnya itu makin lama makin rumit. Waktu praktikumnya itu sekitar 2 jam. Hasilnya harus kita upload ke server. Dan pas detik detik terakhir, pasti pada rariweuh terutama saya. 


Pada mata kuliah PTI A ini ada tubes (tugas besar) yang spesial. Apa itu? Untuk angkatan 2011 tubesnya itu harus bikin game tebak kata hangman. Game tebak kata ini mirip kayak game tebak kata yang biasanya ada di alfalink. Jadi gamenya itu begini, misalkan ditampilkan suatu kategori misalnya nama negara, dibawahnya itu ada strip-strip (-) yang menunjukkan huruf  yang harus ditebak. Bila tebakan huruf kita benar, maka strip tersebut akan berubah menjadi huruf yang tertebak. Bila salah, akan digambar hangman mulai dari kepalanya. Bila salah lagi, gambar hangmannya akan semakin sempurna. Misalnya muncul badannya, tangan, dan kaki. Menyenangkan bukan? Iya kale. Seneng sih mainnya,tapi susah banget bikinnya. Untungnya game tersebut dibuat perkelompok masing-masing 5 atau 6 orang jadi masih bisa kerja sama. Untungnya lagi, dikelompok saya ada dua orang yang mengerti bikin game ini. Jadi kami terbantu dengan kehadiran mereka. Sedangkan saya? Hampir gabut. Tugas utama saya adalah mengkoordinasi jadwal kumpulnya dan melakukan jarkom. Sesekali saya membantu dalam proses pembuatan. Tapi mungkin ga begitu berarti.

Saat hari deadline nya, tubesnya belum beres. Tapi masih bisa dikerjain sih karena batas akhir pengumpulannya jam 5 sore di labtek 5. Saya inget banget waktu mau ngumpulinnya. Waktu itu kelompok saya ngerjain tubes di masjid salman. Kira-kira jam 5 kurang 10 menit, tugasnya baru beres dan harus dikumpulin sesegera mungkin. Dan saya dan dua orang teman ditugasi untuk mengumpulkannya ke labtek 5. Kita pun start pada waktu yang bersamaan. Tapi lama-kelamaan, saya makin ketinggalan larinya. Akhirnya tugas tersebut saya titipkan ke teman yang larinya lebih cepet. Akhirnya kami bertiga larinya ga barengan. Saya ada di posisi ketiga. Jadi secara sekilas, terkesannya kita tuh lagi kejar kejaran. Orang pertama dikejar oleh orang kedua, dan saya mengejar orang yang kedua. Tapi meskipun begitu, kita tetap berlari melewati jam gadang, melintasi lapangan basket, naik ke tangga diantara dua cc, dan akhirnya sampailah di Labtek 5. Alhamdulillah masih jam 5 kurang dikit. And at the end, saya seneng banget karena kelompok saya mendapat nilai yang cukup memuaskan. Meskipun saya sendiri kurang puas sih karena saya kurang berkontribusi dalam proses pembuatannya. 

Ganti topik....
TP lagi, jurnal lagi. Ya begitulah setiap minggunya di TPB. Kalo minggu ini ada praktikum fisika, saya harus ngerjain TP (Tugas Pendahuluan). Praktikumnya itu hari rabu. TP bisa didownload sekitar hari minggu di web lfd (lab fisika dasar). Meskipun begitu, saya selalu mengerjakannya selasa malam karena selalu ga sempet kalo ngerjainnya minggu. Terus kalo minggu ini praktikumnya kimia, kita harus bikin jurmal praktikum di buku jurnal yang sampulnya sama sekelompok.
Tapi meskipun semester 1 dipenuhi dengan kegalauan, Alhamdulillah saya mendapatkan nilai yang memuaskan. :D

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe