Terjerembab dalam jurang kimia #PKM

10.23




Terjerembab dalam jurang kimia.
Pusing sih...
Hahaha

Sebenernya apa yang terjadi?
Semua bermula saat awal pendaftaran PKM 2012. Konon katanya, semua mahasiswa penerima Bidik Misi Wajib mengikuti PKM (FYI : Saya adalah penerima bidik misi). Walhasil, saya berusaha mencari kelompok dan mencari tema.

Tak Diduga tak dinyana, saya diajak sama oleh seorang teman dari jurusan Teknik Informatika –sebut saja namanya Lukman- untuk mengerjakan PKM-P tentang pelepah pisang penyaring air. PKM ini basically, kimia banget. Untungnya,Lukman adalah peraih medali emas OSN. Selain itu ada juga salah satu anggota dari jurusan kimia. Sisanya saya dan kedua  anggota kelompok lainnya dari jurusan Sistem dan Teknologi Informasi.

Proposal PKM yang kami ajukan berjudul “Pelepah Pisang Penyaring Air”. Ide ini diperoleh dari Lukman. Ia terinspirasi saat menonton acara Ethic Runaway di salah satu televise Swasta. Pada suatu episode program tersebut ada adegan masyarakat sekitar yang memotong pelepah pisang, dan didalamnya keluar air yang sangat jernih. Oleh karena itu, ia mengajukan hipotesis bahwa pelepah pisang itu dapat menyaring air. Super sekali ya teman saya yang satu ini.

Beberapa bulan kemudian saat saya sudah lupa kalo saya mengikuti PKM-P, saya buka facebook  dan melihat ada notifikasi. Ketika saya buka notifikasi tersebut, ternyata isinya adalah kabar dari lukman yang berisi bahwa proposal PKM kita didanai. Setelah itu, saya bingung harus merasa senang atau tidak. Senang, karena lolos PKM itu adalah suatu hal yang membanggakan. Tidak senang, karena saya kelak akan berkutat dengan Lab Kimia (Lagi). Tapi saya tetap bersyukur atas pencapaikan kami sejauh ini.
Saat ini, kami sedang berusaha untuk menyelesaikan penelitian kami. Fokus penelitian ini adalah penyaringan logam berat oleh senyawa kimia yang terdapat dalam pelepah pisang. Semangat!!! Meskipun saya sering galau kalau bikin program Java, saya harus bisa memahami penelitian ini (ga nyambung sih...)

Apakah yang akan terjadi selanjutnya? Tunggu aja ya kabar selanjutnya.
Semoga kami mendapatkan hasil yang terbaik :D

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe