Pengalaman Kuliah di STI #1 : Apa itu STI?

No Comments
Udah lama ya saya engga nulis. Kali ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman kuliah di STI :D




STI (Sistem dan Teknologi Informasi ) adalah salah satu program studi yang terbilang baru di lingkungan STEI ITB. Prodi STI ada sejak tahun 2007. Tapi pada tahun tersebut, NIM nya masih sama dengan prodi Teknik Informatika (IF) 135. Akhirnya setahun kemudian, STI resmi berdiri. Mahasiswa STI pun memiliki NIM 182xxxxx.

Menurut saya, STI itu prodi yang keren karena merupakan satu-satunya prodi yang memiliki nama Sistem dan Teknologi Informasi di Indonesia. Jadi STI itu merupakan gabungan dari keilmuan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Nah, Sistem informasi itu mempelajari bagaimana cara merancang, membuat, dan memelihara suatu sistem informasi. FYI, sekarang tuh setiap perusahaan pasti punya sistem informasi. Kalo gak punya berarti perusahaan jaman purba kali ya.. hehe. Terus kalo Teknologi Informasi itu mempelajari lebih ke bagian hardwarenya atau intinya sih teknologi apa saja yang dapat menunjang suatu sistem informasi. Nah, karena STI itu gabungan antara Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, maka keilmuan yang dipelajari oleh STI itu sangat luas.

Secara sekilas sih, STI itu mirip dengan teknik Informatika terutama pada tingkat 2 karena di STI kita juga belajar berbagai konsep dan bahasa pemrograman (tapi biasanya beda 1 sks sih sama IF. STI lebih sedikit). Untuk lebih jelasnya tentang STI, ini nih saya ngutip dari buku kurikulum STI 2013 :

Semakin kuatnya penggunaan Teknologi Informasi dalam sebuah organisasi menyebabkan perencaan penggunaan TI sebagai teknologi pendukung harus dipikirkan bersamaan sebagai satu ekosistem Sistem dan Teknologi Informasi yang mencakup aspek People,Process, dan Technology, serta Value terbaik bagi organisasi yang menerapkannya. Memikirkan salah satu aspek tanpa memikirkanaspek lainnya akan menyebabkan sistem tidak berjalan secara optimal. Hal ini menyebabkan lulusan STI harus memiliki pengetahuanyang mencakup 3 aspek People-Process-Technology.
Di lain pihak, teknologi yang merupakan komponen pembentuk sistem juga berubah dengan sangat cepat. Situasi ini melahirkan tantangan perlunya orang-orang yang memiliki: (1) wawasan tentang teknologi terkini, dan (2) pengetahuan dasar TI yang kuat sehingga selalu dapat memahami danmenguasai teknologi baru dengan cepat, bahkan dapat (3) memprediksi perkembangan teknologi ke depan.


Tuh kan STI itu keren banget karena belajar People-Process-Technology. Jadi intinya kita tuh belajar gimana sih cara mengelola sumber daya manusia (people), gimana sih cara membuat sistem informasi yang dapat mempermudah kegiatan suatu perudahaan (process), terus teknologi apa saja sih yang sesuai dengan sistem informasi yang dibuat : lebih ke hardwarenya sih (technology).


Di STI kita belajar apa aja ya?
Ini nih kurikulum 2013 STI yang sumpah keren banget :



Jadi kita belajar ilmu Informatika, Elektro dan STI itu sendiri. Keren Kan :D

Mau tau pengalaman kuliah di STI? Tunggu ya postingan selanjutnya :3
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar