The Power of 10.000 Hours

No Comments




source : http://careergirlnetwork.com/wp-content/uploads/2013/05/numberofhours.jpg


Pengen gak sih menjadi ahli atau pakar dalam suatu bidang? Jika Ya, Berarti kamu harus melatih bidang tersebut selama 10.000 jam. Setelah saya baca beberapa referensi, ditemukan fakta yang cukup menarik. Selama bertahun-tahun para psikolog memperdebatkan mengenai kepakaran atau keahlian seseorang dalam suatu bidang, apakah hanya ditentukan oleh bakat yang dimiliki seseorang sejak lahir (bawaan lahir). Ternyata ditemukan fakta bahwa bakat bawaan saja tidak cukup untuk membuat seseorang menjadi seorang pakar. Faktor terpentingnya adalah Latihan. Bila kita ingin menjadi seseorang yang expert, latihan yang dilakukan harus mencapai angka kurang lebih 10.000 jam.

Berikut ini adalah beberapa contoh orang-orang expert yang telah melakukan latihan selama lebih dari 10.000 jam (saya mengutipnya dari : http://cosmasdedykurniawan.wordpress.com/2010/06/23/kaidah-10000-jam/)


1. The Beatles
Di tahun 1960  The Beatles masih merupakan band rock yang sedang memulai kariernya, mereka diundang untuk bermain di Hamburg, Jerman, yang saat itu tidak memiliki klub musik ‘rock n roll’ .  Mereka akhirnya melakukan perjalanan ke Hamburg lima kali antara tahun 1960 sampai akhir 1962. pada perjalanan pertama mereka bermain 106 malam minimal 5 jam setiap malam. Perjalananan kedua mereka bermain 92 kali. Perjalanan ketiga mereka bermain 48 kali  dengan total 172 jam di atas panggung. Dua pertunjukan terakhir di Hamburg, melibatkan 90 jam lamanya. Biala dijumlah, mereka telah bermain 270 malam dalam waktu  satu setengah tahun. Dan pada saat meraih kesuksesan di tahun 1964 mereka diperkirakan telah naik panggung sebanyak 1200 kali. (hitung saja jika tiap kali tampil minimal 1 jam, hasilnya 12000 jam, padahal jam pertunjukan mereka lebih dari itu). Sangat luar biasa, Kenapa? Karena kebanyakan band saat ini tidak pernah melakukan pertunjukan sebanyak itu sepanjang karier mereka.  Kaidah 10000 jam bernama Hamburg yang membedakan mereka dengan band-band lainnya.

2. Bill Gates
Cerita dari Bill Gates ini sangat panjang, maka akan saya ringkas seperti ini :

Ayahnya adalah pengacara kaya raya dan ibunya adalah putri bankir terkenal. Bill Gates dewasa sebelum waktunya sehingga bosan dengan sekolahnya. Jadi orantuanya mengeluarkannya dari sekolah negri dan memindahkan ke sekolah swasta yang berisi anak-anak keluarga kaya di Seattle bernama Lakeside.
Di pertengahan tahun kedua, sekolah ini mendirikan klub komputer, Lakeside membeli komputer ASR-33 Teletype yang bisa untuk kegiatan seperti time-sharing di tahun 1968. Dari situ kaidah 10000 jam Bill Gates dimulai.

Hal itu adalah kesempatan pertama Gates. Kesempatan kedua, ibu-ibu di Lakeside memiliki cukup banyak uang untuk membayar biaya komputer. Kesempatan ketiga adalah saat dana itu habis, salah satu orang tua kebetulan bekerja di C-Cubed, yang kebetulan memerlukan seseorang untuk menguji perangkat lunaknya di akhir pekan dan juga kebetulan tidak peduli kalau akhir pekan di perpanjang menjadi hari biasa. Kesempatan keempat adalah Gates kebetulan menemukan informasi mengenai ISI yang memerlukan seseorang untuk mengerjakan perangkat lunak pembayarannya. Kesempatan kelima adalah Gates kebetulan tinggal di dekat University of Washington. Nomor 6 adalah universitas ini mempunyai jadwal kosong antara pukul 3 sampai 6 pagi. Nomor 7 adalah TRW kebetulan menghubungi Bud Pembroke. Nomor delapan adalah programer terbaik yang dikenal Pembroke untuk menyelesaikan masalah itu kebetulan adalah 2 anak SMA. Dan nomor sembilan adalah Lakeside bersedia mengizinkan kedua anak tersebut menghabiskan musim seminya menuliskan program di luar sekolah.

Pada saat Gates keluar dari Harvard, dia mendirikan perusahaan perangkat lunak sendiri, dia telah berlatih membuat program secara nonstop selama tujuh tahun lamanya, jauh malampaui batas minimum berlatih selama 10000 jam
3. Mozart
Berdasarkan standar komponis yang sudah dewasa, beberapa karya awal Mozart tidak luar biasa. Sejumlah karya awalnya mungkin dituliskan ayahnya dan mungkin dikembangkan seiring berjalannya waktu. Banyak komposisi Mozart di masa kecilnya, seperti tujuh concerto pertamanya untuk piano dan orkestra, merupakan aransemen ulang karya komponis lainnya. Dari berbagai concerto yang diciptakan sendiri oleh Mozart, karya paling awalnya yang kini dinilai sebagai karya besarnya (No. 9, K. 271) baru diciptakannya pada usia 21 tahun : pada saat itu Mozart sudah menciptakan berbagai concerto selama 10000 jam.

Hah… Ternyata fakta mengejutkan disini adalah sangat sederhana, kita ‘hanya’ berlatih untuk sebuah bidang tertentu  selama 10000 jam dan kita menjadi ahlinya. Kita telah mendapatkan contoh dari kisah orang-orang terkenal ini. Mereka adalah para outlier dengan bakat mereka dan jika kita lihat pengaruh terbesar bukan bakatnya, tapi mereka mendapatkan sejenis kesempatan unik untuk melakukan kaidah 10000 jam ini. 

Maka bagi kita semua (termasuk saya tentunya), hanya satu saran saya kejarlah kesempatan yang bisa kita dapatkan untuk melakukan kaidah 10000 jam ini, dan kita akan menjadi ahlinya, sesederhana itu!!!!
Sumber : Gladwell Malcolm. Outeliers : Rahasia di Balik Kesuksesan. 2010. Gramedia : Jakarta
Tapi ada satu hal yang harus dipenuhi agar teori 10.000 ini berlaku, yakni Bidang yang akan kita tekuni harus sesuai dengan PASSION kita, jika tidak mungkin hal ini akan sia-sia.

Wah Saya Harus berlatih selama lebih dari 10.000 jam nih biar bisa jadi expert.
Semangat!!!
:3


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar