Mata Kuliah Seru : Forensik Digital

17.50

Setelah saya melihat kurikulum STI ITB yang baru, saya tertarik dengan sebuah matakuliah pilihan prodi, namanya forensik digital. Kenapa saya tertarik? Karena nampaknya dalam kuliah tersebut kita mungkin bisa merasakan pembelajaran tentang detektif haha.. Tapi sayang sekali, mata kuliah ini belum dibuka pada semester ini. Mudah-mudahan semester depan dibuka :3

src : http://offspark.com/images/logo_forensics.jpg


Oh iya, berikut ini adalah penjelasan tentang forensik digital yang saya ambil dari wikipedia :

Komputer forensik yang juga dikenal dengan nama digital forensik, adalah salah satu cabang ilmu forensik yang berkaitan dengan bukti legal yang ditemui pada komputer dan media penyimpanan dijital.
Tujuan dari komputer forensik adalah untuk menjabarkan keadaan kini dari suatu artefak dijital. Istilah artefak dijital bisa mencakup sebuah sistem komputer, media penyimpanan (seperti flash disk, hard disk, atau CD-ROM), sebuah dokumen elektronik (misalnya sebuah pesan email atau gambar JPEG), atau bahkan sederetan paket yang berpindah dalam jaringan komputer. Penjelasan bisa sekedar "ada informasi apa disini?" sampai serinci "apa urutan peristiwa yang menyebabkan terjadinya situasi kini?"
Wow, artefak digital katanya.

Di Indonesia juga terdapat ahli forensik digital, salah satu yang ternama adalah Ruby Alamsyah. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari tautan ini, beliau telah memecahkan berbagai kasus dengan ilmu forensik digital.Diantaranya adalah pembongkaran kasus pembunuhan aktivis munir dan pembunuhan Direktur PT Rajawali Putra Banjaran Nasrudin Zulkarnaen.

Saya semakin tertarik nih dengan mata kuliah ini. Mudah-mudah dibuka disemester depan :3

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe