Pengalaman Ikut Seleksi Tertulis : XL Future Leaders 2013

17.11

Hai.. Sudah lama ya saya tidak menulis di blog ini. Kali ini saya akan berbagi pengalaman ikut seleksi XL future Leaders. Meskipun tidak lolos ke tahap interview, tapi saya mendapatkan pengalaman yang berharga saat mengerjakan soal testnya.

Saya mengikuti seleksi tertulis pada hari senin tanggal 23 September 2013 di Graha XL Bandung, Jalan R.E. Martadinata. Saya sudah tiba dilokasi 15 menit sebelum waktu pelaksanaan yang tertera di jadwal (08.00 WIB). 15 menit kemudian, kami dipersilakan masuk ke gedung xl. Tempat seleksinya ada di lantai 3. Sebelum masuk ke ruangan, kami harus mengumpulkan fotokopi transkrip dan foto kopi KTP. Lho? padahal di web itu tidak dituliskan bahwa kami harus membawa fotokopi KTP. Jadi saya tidak membawanya. Untungnya, petugas registrasinya baik. Bagi yang tidak membawa fotokopi KTP, cukup memperlihatkan KTP Aslinya saja.
xl future leaders bandung 2013
Suasana ruangan sebelum tes dimulai
Tes dimulai pada pukul 08.30 . Kemampuan bahasa inggris adalah hal pertama yang diujikan. Soal tesnya mirip TOEFL. Soal terdiri dari 3 bagian, yaitu listening, reading, dan grammar. Listening adalah bagian pertama tes. Well, saya mengalami kesulitan pada bagian ini karena memang saya jarang latihan listening untuk test semacam ini. Selain itu, gambar-gambar yang tertera pada soal juga tidak begitu jelas. Pada bagian grammar, saya bisa sedikit menerka-nerka jawabannya. Bagian terakhir, yaitu Reading adalah bagian yang menurut saya paling mudah.

general management aptitude test XL future leaders
Lembar soal general management aptitude test


Tes kedua adalah Tes General Management Aptitude Test. Tes ini merupakan tes pilihan ganda. Pada tes ini, kita dituntut untuk menyelesaikan kasus yang ada. Jadi pada tes ini, kita seolah-oleh adalah karyawan dari xl. Kita harus membuat keputusan berdasarkan kasus yang ada. Tes ini sebenarnya mirip dengan psikotest yang menguji kemampuan kita untuk membuat keputusan secara cepat.
 
In Tray Exercise XL future leaders 2013
Lembar jawaban In-Tray Exercise


Dan terakhir adalah test “In-Tray Excercise”. Bagi saya ini adalah bagian tersulit dalam tes tertulis ini. Pada tes ini, kita diberikan berbagai data mengenai kasus yang harus kita analisis. Datanya cukup banyak, ada 9 lembar, berbahasa inggris pula. Selain data, kita juga diberikan lembaran yang berisi email. Emai tersebut memuat masalah yang harus kita selesaikan berdasarkan data yang tersedia. Terdapat tiga buah email (persoalan) yang harus kita selesaikan. Pada lembar soal, kita harus menuliskan tindakan yang diambil dan alasan mengambil tindakan tersebut.

Setelah menjalani ketiga tes tersebut, kami dipersilakan untuk beristirahat sholat dzuhur dan makan selama satu jam. Setelah selesai istirahat, peserta yang lolos ke tahap forum group discussion langsung diumumkan. Namun nama saya tidak tercantum dalam pengumuman tersebut. Ya sudah. Saya langsung ke kampus untuk kuliah jaringan komputer hehe.. :3


Meskipun tidak lolos ke tahap selanjutnya, saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Karena katanya, soal yang diujikan pada tes ini mirip dengan soal rekrutmen karyawan xl. Jadi saya agak terbayang nih kalau rekrutmen di perusahaan besar itu seperti apa.

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe