Aplikasi Android Perdana : The Dream Notes

6 comments



Saya sudah cukup lama memulai untuk belajar membuat Android Application. Akan tetapi, saya tidak pernah punya niat untuk mencoba membuat aplikasi android dengan fungsionalitas yang utuh. Biasanya saya hanya mencoba-coba saja tidak sampai membuat aplikasi yang selesai.

Kebetulan pada semester 5 ini di kuliah Sistem Multimedia, saya ditugaskan untuk membuat sebuah karya multimedia. Karya tersebut dapat berupa aplikasi, game, ataupun video. Selain itu, dianjurkan untuk membuat karya dalam platform mobile. Hmmm.. Saya sih langsung terpikir untuk membuat sebuah aplikasi android.

Setelah memikirkan ide untuk aplikasi android yang akan dibuat, akhirnya saya memutuskan untuk membuat sebuah aplikasi yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk mencatat semua mimpi-mimpi atau cita-cita kita. Saya terinspirasi untuk membuat aplikasi ini karena konon katanya apabila kita menuliskan semua mimpi kita pada suatu media, lambat laun mimpi mimpi tersebut tercapai. Selain itu, kebanyakan orang hanya menyimpan cita-cita / mimpi mereka dalam ingatan saja. Padahal manusia itu memiliki sifat pelupa. Oleh karena itu, banyak dari kita yang tidak pernah memperjuangkan mimpi kita karena kita sendiri pun sering melupakan mimpi tersebut.

Pada aplikasi ini, kita dapat mencatat informasi dari mimpi kita yang meliputi : Judul mimpi, Deskripsi mimpi, waktu target untuk mencapai mimpi tersebut serta langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai mimpi tersebut. Awalnya saya ingin menyimpan file suara yang berisi motivasi atau dukungan dari orang terdekat kita atau dari diri kita sendiri untuk mencapai mimpi tersebut. Tapi saya tidak sempat untuk mencari tahu cara menambahkan fitur tersebut.

Saya membuat aplikasi The DreamNotes menggunakan native android (eclipse). Sempat sih kepikiran untuk bikin pake phonegap karena kita bisa nge-layout aplikasinya dengan mudah. Akan tetapi, saya terkendala dengan database nya. Akhirnya saya kembali ke native karena pada native android, kita dapat menggunakan SQLite yang mudah dipakai.

Setelah nyicil ngerjainnya selama setengah semester (jarang disentuh sih sebenernya), akhirnya aplikasi ini dapat selesai.. yeeehh..

Berikut ini adalah screenshot dari aplikasi ini :

Logonya di HomeScreen (yang warna biru : DreamNotes)


SpashScreen



Layar utama
Nah dari layar utama ini, terdapat list mimpi dan tombol tuliskan mimpimu. Bila salah satu item dari list ini kita tekan, kita akan memasuki layar detil dari mimpi kita. Sedangkan apabila tombol tuliskan mimpimu kita tekan, kita akan memasuki layar tulis mimpi.


Layar Tulis Mimpi
Detil Mimpi. Kuliah S2 di KAIST. Aamiin :3
Kalo tombol "Langkah yang dilakukan " di layar Tulis Mimpi ditekan

Karena keterbatasan waktu, aplikasi ini hanya sekedar menulis dan menampilkan data saja. Tidak ada fungsionalitas reminder. Tapi saya cukup puas dengan hasilnya. hehe. Karena bikinnya cukup menguras energi karena saya pemula dalam hal pemrograman android. Bikin database aja bingung karena harus bikin tabel relasional. hehe














Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

6 komentar