Kuliah Semester 5 di Sistem dan Teknologi Informasi ITB (versi Mata Kuliah)

No Comments
Karena banyak yang melakukan review kuliah selama satu semester, saya pun tertarik untuk melakukan hal yang sama. Yups, kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman kuliah selama semester 5 STI ITB Tahun Ajaran 2013-2014.

Berikut ini adalah pengalaman yang saya alami pada mata kuliah yang saya ambil :

1. Analisis dan Kebutuhan Enterprise
Sesuai dengan namanya, dalam kuliah ini membahas tentang cara untuk menemukan kebutuhan dari suatu organisasi atau perusahaan (Enterprise) kemudian mencoba untuk membuat suatu solusi sistem dan teknologi informasi agar kegiatan perusahaan dapat berjalan secara optimal.
Kuliah ini menggunakan buku referensi BABOK (Business Analysis Body of Knowledge). Jadi yang dipelajari dalam kuliah ini adalah knowledge area dari Business Analysis. Intinya sebagai berikut :
Yah, saya juga ga akan ngebahas hal ini lebih dalam. hehe.

Pada kuliah ini terdapat tugas besar untuk melakukan analisis terhadap suatu perusahaan UKM yang dilakukan secara berkelompok (3 orang perkelompok). Perusahaan yang dianalisis haruslah perusahaan yang menghasilkan suatu produk (bukan perusahaan jasa). Setelah bingung mencari perusahaan, akhirnya kami memilih untuk melakukan analisis ke CV. Vannisa a.k.a Brownies Vannisa. Cerita perjuangan untuk melakukan analisis ke Brownies Vannisa dapat dibaca pada postingan ini. Kuliah-kuliah di STI memang kebanyakan seperti ini. Kita harus mengunjungi berbagai perusahaan untuk melakukan analisis. Tapi hal ini benar-benar sangat bermanfaat. Kita bisa lebih paham terkait kuliah yang diberikan. Saya juga jadi bisa tahu lika-liku dan seluk beluk dari berbagai perusahaan. Diakhir kuliah ini, setiap kelompok harus melakukan presentasi terkait hasil analisis masing-masing. Kuliah asik deh. Dosennya juga baik baik banget (Bapak Surendro). Diakhir pertemuan kuliah, tak lupa kami berfoto bersama :)
Keluarga AKE STI :)


2. Pemrograman Integratif
Ini adalah satu-satunya kuliah pemrograman pada semester ini. Pada kuliah ini, kita belajar cara membuat suatu aplikasi yang dapat terintegrasi, multiplatform. Pada kuliah ini kita belajar Scipting pake Python dan teman-temannya, serta belajar tentang pemrograman web. Inti kuliah ini sih sebenarnya tentang webservice. Diakhir kuliah kita juga bikin web dengan REST webservice. 

Dosen yang mengajar pada kuliah ini jago banget (Pak Baskara). Beliau sebelumnya pernah mengajar juga di jepang. Dibawah ini adalah foto kami bersama beliau di hari terakhir kuliah
Kelas pemrograman integratif

3. Manajemen Proyek.
Kuliah Manajemen Proyek a.k.a Manpro adalah kuliah yang membahas tentang cara melakukan pengelolaan suatu proyek IT. Buku pegangan kuliah ini adalah PMBOK. Kuliah ini menjadi sangat menarik karena sang Dosen (Pak Windy Gambetta) menyampaikan materinya dengan sangat menyenangkan. Beliau sudah mengerjakan berbagai macam proyek, terutama proyek BUMN. Beliau selalu menceritakan realita proyek yang dilakukan oleh BUMN. Kayak On The Spot deh pokoknya. Selain itu, beliau juga selalu melepaskan candaan selama kuliah. Tak ayal, kami pun selalu tertawa pada saat mata kuliah ini.

Kuliah Manpro juga memiliki tugas besarnya. Kami diharuskan mengerjakan dokumen yang banyak banget tentang manajemen proyek, mulai dari RFQ, RFP, sampai ke Dokumen Project Implementation Plan. Diakhir kuliah, kami juga harus melakukan presentasi terkait tugas ini ke asisten kuliah.

4. Layanan Sistem dan Teknologi Informasi
Pada kuliah ini, saya mulai berkenalan dengan Thomas Erl, Papazouglo, dan kawan-kawannya. Siapa mereka? Mereka adalah orang-orang yang memperkenalkan SOA (Service Oriented Architecture). Lebih dari setengah kuliah ini adalah membahas tentang SOA. Kami diajarkan tentang bagaimana cara membuat suatu layanan STI mulai dari membuat service blueprint, hingga membuat prototype layanan.

Tugas besar kuliah ini adalah membuat suatu rancangan layanan suatu perusahaan dan membuat prototypenya. Saya memilih untuk membuat rancangan layanan pembiayaan Haji Bank Muamalat menggunakan metodologi Thomas Erl. Karena harus banget prototype yang berbau SOA, saya pun akhirnya membuat sebuah prototype berbasiskan web menggunakan library NUSOAP dengan waktu yang sangat terbatas.

5. Jaringan Komputer
Kuliah jaringan komputer STI menggunakan pendekatan Top Down. Kita mulai mempelajari jaringan komputer mulai dari Application Layer (TCP/IP Layer) sampai ke Datalink Layer. Tak lupa kuliah ini juga membahas sedikit tentang OTT (Over The Top) Service, QoS (Quality of Service), dan Security. Mau tau makhluk seperti apa mereka? Googling aja yak..

Kuliah ini rada gak jelas karena dosen nya sering tidak hadir dan digantikan oleh sang Asisten. Sebenarnya asistennya juga jago banget, tetapi cara penyampaian materinya gak banget. Jadi, ya kita agak kurang ngerti.

Tugas besar kuliah ini adalah membuat aplikasi DPI (Deep Packet Inspection) dengan spesifikasi yang sangat gak jelas. Walhasil kami pun bingung harus membuat apa dan bagaimana. Akhirnya kelompok saya memutuskan untuk membuat suatu aplikasi gak jelas mirip wireshark menggunakan JNetPCap. Haha absurd banget sih hasilnya. Ya sudahlah

6. Sistem Multimedia.
Sesuai dengan namanya, kuliah ini membagas tentang seluk beluk multimedia. Menurut saya, inti dari kuliah ini adalah tentang kompresi, mulai dari kompresi teks, gambar, suara, dan video.  Lumayan sih pengetahuannya. Saya menjadi lebih tahu secara mendalam tentang seluk beluk teks, gambar, suara, dan video digital.

Tugas besar kuliah ini adalah kita harus membuat sebuah karya multimedia, disarankan agar karyanya menggunakan platform mobile. Tugas ini adalah tugas individu. Huft. Saya pun memutuskan untuk membuat sebuah android app. Nama app nya adalah Dream Notes. Pengen tau lebih dalam? Baca disini aja ya..

7. Sistem Operasi
Kuliah ini membahas tentang sistem operasi komputer dengan pendekatan Logika. Logika? Ya, sang dosen selalu berlogika-logika ria. Di awal kuliah, dibahas berbagai hal yang tidak secara langsung berhubungan dengan Sistem operasi Komputer. Pada bulan pertama kuliah dibahas tentang GPS dan sebangsanya. Saya mulai berpikir, mungkin kuliah ini salah namanya ya, harusnya kuliah GPS. haha. Tetapi lama-kelamaan, mulai tampaklah kalau ini adalah kuliah sistem operasi.

Untungnya kuliah ini gak ada tubesnya. Awalnya direncanakan akan ada tubes menggunakan MINIX. Apaan tuh? Saya juga gak tahu. Untungnya karena waktunya terlalu mepet dan sang asisten sedang sakit, tugas besarnya dibatalkan dan diganti dengan tugas membuat makalah tentang proses input-output printer dan DVD yang dilakukan secara bersamaan

8. Kapita Selekta STI
Ini adalah salah satu kuliah yang asik. Penutup kuliah dalam satu minggu (Jumat sore). Dosennya adalah sang kaprodi tercinta, Pak Arry. Kuliah ini isinya macem-macem. Di awal kuliah, kita diajak berjelajah ke Silicon Valley. Kita juga mempelajari tentang Speech Recognition, Text to Speech, COBIT, hingga Hospitality. Dalam kuliah ini sering ada kuliah tamu dengan pembicara dari luar negeri. Asik deh pokoknya.

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar