PKM (again)

22.12

Masih segar rasanya diingatan saya ketika saya membuat tulisan tentang PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang saya ikuti tahun 2012 (didanai 2013). Waktu itu, saya ikut PKM karena terpaksa. Saya sebagai penerima bidikmisi diwajibkan untuk mengikuti PKM. Walhasil, saya tidak peduli dengan tema PKM yang diajukan. Yang penting saya bisa mendapat kelompok dan mengumpulkan proposal. Tak diduga tak dinyana, proposal saya dan tim lolos didanai. Antara senang dan sedih. Senang, karena proposal yang didanai adalah hal yang sangat menggembirakan. Sedih, karena saya tidak mengerti apa yang harus dilakukan selanjutnya. Sebagai informasi, waktu itu saya mengikuti PKM kategori penelitian dengan judul proposal "Pelepah pisang penyaring air". Sebuah judul yang benar-benar di luar domain keilmuan saya. Karena kami tidak serius untuk mengerjakan proposal ini, kami tidak lolos ke Pimnas.

Masih di tahun yang sama (2013), dipenghujung tahun. Sama sekali tidak terbersit dalam pikiran saya untuk mengikuti PKM lagi. Namun tiba-tiba, salah seorang kakak kelas saya dari SMA 4 Bandung, yang sekarang kuliah di Teknik Fisika mengajak saya untuk bergabung di Tim PKM-nya. Kebetulan tema proposal yang diusung berbau IT. Oleh karena itu, bermodal rasa ingin tahu, saya ujug-ujung meng-iya-kan tawaran tersebut. PKM yang diikuti adalah PKM Karsa Cipta. Judul proposalnya adalah "Kitates . . . . . .  . (Saya lupa judul lengkapnya, panjang)". Intinya pada proposal ini, kami mengusung sebuah website E-Learning yang berfokus pada pengetesan materi siswa. Makanya nama dari produk website ini adalah kitates. Setelah proposal beres, kami langsung mengirimnya. OK!. Saya sama sekali tak berharap banyak terhadap proposal ini.

Berjalan paralel dengan kejadian pada paragraf sebelumnya, teman saya, Fady, juga hendak ikut PKM. Karsa Cipta juga. Kebetulan ia kesulitan mencari anggota tim. Karena sok-sok-an saya pun bersedia untuk bergabung dengan tim Fady. Sebenarnya saya lebih optimis terhadap proposal Fady karena ide proposalnya benar-benar fresh. Tentang Apa? Rahasia dulu ya.. hehe

Waktu berlalu dengan sangat cepat. Tidak ada sedikitpun penantian terhadap hasil proposal yang saya (dan tim) ajukan. Alhamdulillah, pada akhir bulan Januari pengumuman keluar. Kedua proposal yang saya (dan tim) kirimkan lolos. *speechless*.

Mudah-mudahan saya bisa menjalankan amanah ini dengan baik. PKM kali ini harus dijalankan dengan sangat baik.

Bismillah :)

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe