Aplikasi Mobile : Paper Dreams

17.06

Semester ini, saya mengambil mata kuliah wajib Platform dan Pengembangan Aplikasi Mobile. Pada kuliah ini, saya diharuskan untuk membuat sebuah aplikasi mobile. Platformnya? Terserah, yang penting mobile. Karena saya hanya memiliki handphone Android, saya pun memutuskan untuk membuat aplikasi mobile.

Aplikasi apa yang saya buat? 
"Paper Dreams"

Logo aplikasi


Aplikasinya seperti apa?
Paper Dreams adalah aplikasi mobile berplatform android yang berbasis jejaring sosial. Pada aplikasi ini, setiap pengguna dapat menuliskan rencana hidupnya dalam beberapa tahun mendatang. Agar rencana-rencana tersebut dapat terus diingat, pengguna dapat melihat kembali rencana masa depannya.

Aplikasi ini juga menuntut pengguna untuk melakukan kegiatan yang menunjang tercapainya rencana hidup yang telah kita tuliskan. Pengguna harus menuliskan langkah-langkah yang dilakukan untuk merealisasikan rencana hidup tersebut.

Kenapa saya membuat aplikasi ini?
Adakah orang yang tidak memiliki mimpi dalam hidupnya? Saya rasa hal tersebut sangat mustahil. Setiap orang pasti memiliki mimpi atau cita-cita dalam hidupnya. Mimpi tersebut merupakan alasan bagi seseorang untuk melakukan sesuatu.

Setiap orang sukses pasti dilatarbelakangi oleh mimpi yang dimilikinya. Sebut saja Bill Gates. Siapa sih yang tidak mengenalnya? Sebelum berhasil mencapai puncak kariernya di Microsoft, ia memiliki satu mimpi dalam hidupnya, yakni Suatu saat nanti seluruh rumah di dunia ini akan menggunakan komputer dan Windows menjadi sistem operasinya“. Saat mimpi tersebut diutarakan, banyak orang yang malah mencemoohnya. Tapi apa yang terjadi sekarang? Mimpi Bill Gates tersebut menjadi kenyataan yang tak terbantahkan.

Setiap orang pasti memiliki mimpi, tetapi hanya sebagian kecil orang saja yang berhasil merealisasikannya. Sebenarnya apa yang menyebabkan hal tersebut? Saya pikir, hal tersebut disebabkan oleh mimpi-mimpi tersebut hanya sebatas disimpan dalam ingatan saja. Padahal manusia memiliki sifat pelupa. Oleh karena itu mimpi-mimpi yang pernah dipikirkan tidak pernah tercapai, karena dilupakan begitu saja.

Salah satu cara agar kita tidak lupa terhadap mimpi-mimpi kita adalah dengan menuliskannya. Pada era modern ini, menuliskan sesuatu di atas kertas terkadang merupakan pekerjaan yang malas untuk dilakukan. Oleh karena itu, saya ingin membuat aplikasi untuk mencatat semua mimpi ini pada handphone karena hampir setiap orang kini tidak pernah lepas dengan device tersebut. Terlebih lagi handphone kini tidak hanya dijadikan sebagai alat untuk berkomunikasi saja, tetapi juga sebagai bagian dari penunjang berbagai aktifitas.

Apa saja fitur dari aplikasi ini?
·         Login with facebook Account.
Mock up halaman depan
Layar Home

Hampir setiap orang memiliki akun facebook. Oleh karena itu, untuk memudahkan pengguna masuk ke aplikasi ini, digunakan facebook login. Dengan adanya fitur ini, diharapkan pengguna akun facebook tertarik untuk mencoba aplikasi ini karena adanya kemudahan dalam proses log-in


·         Write your Dream (Future Plan)
Layar tahun


Rencana pada tahun tertentu

Pengguna dapat menuliskan rencana masa depannya pada aplikasi ini. Rencana tersebut disertai dengan target waktu pencapaiannya. Melalui fitur ini, pengguna aplikasi dapat melihat rencana masa depannya kapanpun.


·         Action !

Pengguna dapat menuliskan langkah yang dilakukan untuk merealisasikan rencana masa depannya. Sebelum menuliskan action¸pengguna terlebih dahulu harus melakukan tagging terhadap rencana masa depan yang berkaitan dengan action yang akan dilakukan. Setelah itu, pengguna dapat menuliskan action yang dilakukan guna mencapai rencana masa depannya.

·         Share to Facebook
Karena aplikasi ini terintegrasi dengan akun Facebook, setiap future plan dan action yang dituliskan dalam aplikasi ini secara otomatis akan ditampilkan melalui Facebook.

·         Support your friends.
Karena aplikasi ini berbasis jejaring sosial, rencana masa depan yang dituliskan dapat dilihat oleh pengguna lain. Oleh karena itu, pengguna lain dapat memberikan dukungan atau semangat terhadap rencana masa depan yang telah dituliskan.


Saat ini, masih pada tahap pembuatan Technical Design Document. Mudah-mudahan aplikasi ini bisa selesai dengan sempurna dan bisa bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. :D

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe