Sejarah Dunia Versi Islam #part 1 : Pendahuluan

18.54

Kali ini saya akan mencoba membuat resume berdasarkan buku yang saya baca. Resume ini mungkin akan dibagi menjadi beberapa post. Pada kesempatan ini, saya mencoba untuk membuat tulisan berdasarkan buku “Dari Puncak Baghdad, Sejarah Dunia Versi Islam” karya Tamim Ansary
sumber gambar : http://rindupulang.blogspot.com/


Selama kita mengejam pendidikan mulai dari SD hingga tingkat yang lebih tinggi, tentunya kita pernah belajar tentang sejarah dunia. Akan tetapi, dari rangkaian cerita sejarah dunia tersebut, pemeran utamanya adalah dunia barat. Dunia islam seolah-olah hanya menjadi pemain pendukung dalam drama sejarah ini.

Memang selama ini, sejarah dunia yang kita pelajari merupakan sejarah dunia menurut pandangan Barat. Oleh karena itu, Dunia barat menjadi pemeran utama sekaligus sutradara dalam kisah sejarah dunia ini. Bila kita membuat narasi tentang rangkaian sejarah dunia versi barat, mungkin akan muncul bab-bab sebagai berikut (dikutip dari buku Dari Puncak Baghdad, Sejarah Dunia Versi Islam):

  1. Kelahiran peradaban (Mesir dan Mesopotamia)
  2. Zaman klasik (Yunani dan Roma)
  3. Zaman kegelapan (kebangkitan kristen)
  4. Kelahiran kembali: Reinasans dan Reformasi
  5. Pencerahan (penjelajahan dan ilmu pengetahuan)
  6. Revolusi (demokrasi, industri, teknologi)
  7. Bangkitnya Negara-Bangsa : Perjuangan demi kerajaan
  8. Perang dunia I dan II
  9. Perang dingin
  10. Kemenangan kapitalisme demokratik.

Dari kumpulan poin diatas, dunia islam hampir tidak terekspos. Padahal, dunia islam pernah menjadi bagian terpenting dari sejarah dan perkembangan peradaban dunia. Apabila kita melihat sejarah dunia berdasarkan sudut pandang islam, rangkaian kejadiannya barangkali dapat diurutkan sebagai berikut (masih dikutip dari buku sumber utama) :

  1. Zaman kuno : Mesopotamia dan Persia
  2. Kelahiran islam
  3. Kekhalifahan : Pencari persatuan universal
  4. Perpecahan : Zaman kesultanan
  5. Bencana : Tentara salib dan mongol
  6. Kelahiran kembali : Era tiga kekaisaran
  7. Perembesan Timur oleh barat
  8. Gerakan Reformasi
  9. Kemenangan modernis sekuler
  10. Reaksi Islamis
Bersambung

You Might Also Like

1 komentar

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS DANA GAIB

    BalasHapus

Google+ Followers

Subscribe