Plagiat!! You who came from the stars dijiplak

23.04

Src : http://www.soompi.com/wp-content/uploads/2014/04/N%C3%A4ytt%C3%B6kuva-2014-4-30-kello-18.49.52.png

Awalnya saya melihat sebuah iklan sinetron baru di RCTI, judulnya "Kau yang datang dari bintang" (KYDDB). Setelah melihat iklan tersebut sampai selesai, saya langsung kesal karena jelas sekali bahwa sinetron tersebut MENJIPLAK drama korea "You who came from the stars" (YWCFTS).Saya sebelumnya telah menonton drama YWCFTS dari awal episode dari awal hingga tamat. Drama YWCFTS memang drama yang sangat bagus. Tidak cocok sekali bila disandingkan dengan sinetron abal abal "Kau yang datang dari bintang".

Kenapa saya menyukai drama "You who came from the stars"? Berikut ini alasannya:
> Saya menyukai ceritanya, karena cara penyampaian cerita yang maju-mundur namun elegan membuat cerita drama ini tidak membosankan.
> OST nya keren banget. Saya menyukai semua OST drama ini
> Setting tempat dramanya sangat mendukung cerita. Jadi, drama ini seolah-olah real.
> Aktor dan aktris nya keren banget. Emosi ceritanya dapat tersampaikan dengan baik



Saya sebagai orang Indonesia merasa sangat-sangat-sangat malu dengan kehadiran sinetron abal-abal KYDDB. Drama sebagus YWCFTS dijiplak dengan sinetron low quality, sinetron dengan backsound yang hanya "jeng jeng jreng" doang, setting tempat alakadarnya, aktornya gak banget, dan poster sinetron yang super norak. Saya tidak bisa membayangkan apabila episodenya membengkak jadi 1000 episode atau dibagi menjadi 7 season hingga do min joon dan cheon song yi nya beranak pinak.


Kenapa sih harus menjiplak? Saya yakin, banyak orang Indonesia yang memiliki ide-ide kreatif untuk menciptakan cerita sebuah sinetron.Buktinya, banyak sekali buku-buku karya anak bangsa, terutama buku fiksi, yang memiliki kualitas yang sangat baik. Kenapa tidak dimanfaatkan?


Hal yang paling saya takutkan adalah apabila suatu saat nanti saya datang ke Korea (Aamiin), saya akan di cap sebagai kaum "Penjiplak". Berita ini sudah ramai dibahas oleh berbagai media di Korea. Komentar-komentar yang muncul pun sangat memojokkan Indonesia. Ini adalah salah satu beritanya di Korea : http://news.naver.com/main/read.nhn?mode=LSD&mid=sec&sid1=001&oid=213&aid=0000474576

Saya berharap dengan adanya kejadian ini, bisa membuka kesadaran pada produser pembuat drama/sinetron di Indonesia untuk mengedepankan originalitas dan kualitas!!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Mungkin rcti udah beli
    Kayak drama jepang hana kimi tu kan dibuat versi koreanya, ya sm aktor2 korea. Taiyou no uta.nya YUI juga.
    Tp kl mau di-compare ya nggak bangetlah setting sinetron sm k-drama

    BalasHapus

Google+ Followers

Subscribe