Final mobile app project presentation with Kakao Talk

1 comment
Semester 6 di STI ITB penuh dengan tantangan, tapi sangat menyenangkan. Kali ini saya akan berbagi cerita tentang mata kuliah "Platform dan Pengembangan Aplikasi Mobile" (PPAM). Kuliah ini berisi cara dan tahapan untuk membuat aplikasi mobile. Meskipun begitu, kuliah ini tidak terlalu membahas hal-hal teknis secara mendalam. Kebanyakan materi yang disampaikan adalah cara membuat suatu aplikasi dapat diterima oleh masyarakat dan menghasilkan nilai jual. Fakta yang saya dapatkan pada kuliah ini adalah terdapat ratusan ribu aplikasi di Google Play yang hanya sekedar hasil upload saja, tetapi tidak ada satu pun pengguna android yang mendownloadnya. Hanya sedikit aplikasi (dibandingkan dengan total aplikasi yang diunggah) yang diunduh oleh masyarakat pengguna android.

 Aplikasi yang saya buat adalah Paper Dreams. Sebelumnya saya pernah membuat review aplikasi ini. Silakan lihat pada postingan ini.

Hal yang spesial dari kuliah ini adalah presentasi final aplikasi dinilai langsung oleh pihak Kakao Talk asal Korea. Wow banget gak sih? . Tapi tenang, presentasinya dalam bahasa inggris kok, tidak dengan bahasa korea. Haha.. #STIGoInternational

Karena saya tidak lancar dalam berbahasa inggris, mau tidak mau saya harus menghafalkan isi presentasi yang saya sampaikan. Alhamdulillah, menurut saya, saya dapat menyampaikan presentasi dengan cukup lancar. Walaupun gugup banget.. Haha..
Mr. Alex dan Mrs. Kate dari Kakao Talk Korea

Orang korea dari Kakao Talk nya ada 2 orang, Mr. Alex dan Mrs. Kate. Keduanya baik banget. Setelah selesai presentasi, mereka banyak memberikan masukan tentang aplikasi yang saya buat. Sangat membangun sekali komentarnya. Sungguh pengalaman yang sangat berharga.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

  1. btw ini latar sama kayak blog IMKA aku gilang : http://18211058.blogspot.com/ bhaha

    BalasHapus