Nge-Arduino di Semester 6 STI ITB

20.04

Salah satu mata kuliah yang keren di STI ITB pada semester 6 adalah mata kuliah Interaksi Manusia Komputer dan Antarmuka (IMKA). Kuliah ini membawa warna baru di prodi STI. Pada kuliah IMKA, selain belajar tentang interaksi manusia dan komputer, kita juga mempelajari tentang antarmuka, hardware interfacing . Hardware yang digunakan adalah Arduino dan berbagai sensor yang sangat menarik.

Apa itu arduino? Berikut ini adalah penjelasan yang saya kutip dari laman ini:

Arduino adalah kit elektronik atau papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel.
Mikrokontroler itu sendiri adalah chip atau IC (integrated circuit) yang bisa diprogram menggunakan komputer. Tujuan menanamkan program pada mikrokontroler adalah agar rangkaian elektronik dapat membaca input, memproses input tersebut dan kemudian menghasilkan output sesuai yang diinginkan. Jadi mikrokontroler bertugas sebagai ‘otak’ yang mengendalikan input, proses dan output sebuah rangkaian elektronik.
Arduino yang digunakan pada kuliah IMKA adalah Arduino UNO. Ini dia penampakannya:
Harga dari Arduino UNO yang original sekitar 300rb, sedangkan untuk yang KW dapat dibeli dengan harga sekitar 175rb.

Kuliah ini memang memberikan angin baru di prodi STI ITB. Di STI, saya hampir menjajah semua keilmuan STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika). Saya tidak hanya belajar ngoding, manajemen, dan wording, tetapi juga ngoprek hardware. Pada mata kuliah ini, saya juga berkesempatan untuk nyolder. Haha.. Benar-benar menyenangkan.

Menurut saya, Arduino adalah board yang ajaib. Karena saya pikir, kita dapat membuat apapun menggunakan Arduinio karena banyaknya sensor yang dapat dihubungkan ke Arduino. Keren  pisan lah..

Pada mata kuliah IMKA ini, semua percobaan menggunakan Arduino harus didokumentasikan melalui blog. Untuk pendokumentasian tugas, saya membuat blog baru karena tidak ingin tercampur-campur tulisannya dengan blog ini. Berikut ini adalah percobaan dan project yang telah saya lakukan pada kuliah ini. Mulai dari yang sangat sederhana, hingga yang cukup kompleks:

1. Toggle Led
2. Mengontrol Led dengan Pulse Width Modulator (PMW)
3. Mengukur suhu menggunakan sensor LM35
4. Mengukur suhu menggunakan sensor LM35 dan menampilkan hasil pengukuran ke layar LCD 16 x 2
5. Membuat kalkulator : Input keypad, output layar LCD 16 x 2
6. Final Project : Automatic Egg Incubator

You Might Also Like

1 komentar

Google+ Followers

Subscribe