Pengalaman Jadi Asisten Mata Kuliah Manajemen Proyek STI 2014

16.58


Diawal tulisan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Gunawan yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi asisten matakuliah Manajemen proyek. Banyak sekali pengalaman berharga yang saya dapatkan ketika menjadi asisten. Sekali lagi, makasih gun :3 !

Ngapain aja selama jadi asisten manpro?
1. Diskusi tentang tugas yang akan diberikan
Sebenarnya tugas yang diberikan adalah tugas turun-temurun. Pada saat saya mengambil matakuliah ini pun, saya harus mengerjakan tugas-tugas yang serupa. Salah satu hal yang didiskusikan adalah terkait timeline tugas. Timeline ini harus diperhitungkan secara matang agar ada alur pemberian tugas berjalan dengan baik.

2. Launching tugas di kelas.
Pada kuliah manpro semester genap 2014 ini, terdapat 5 buah tugas dokumen. Setiap tugas dokumen berkaitan satu sama lain. Berdasarkan timeline yang telah dibuat, kami -asisten manpro- harus merilis tugas dikelas. Kami memberikan penjelasan singkat terkait tugas yang harus dikerjakan dikelas.

3. Memeriksa dokumen tugas
Bagian ini adalah bagian yang paling melelahkan. Saya memegang 3 kelompok. Oleh karena itu, hampir setiap minggunya saya harus membaca dan memeriksa 3 dokumen yang berbeda. Memeriksanya mencakupi dua poin penting, yaitu konten dokumen dan EYD. Saya harus menandai kesalahan pada dokumen yang diperiksa agar dokumen tersebut dapat diperbaiki. Meskipun melelahkan, tapi banyak manfaat yang diperoleh. Salah satu manfaat yang saya peroleh adalah saya bisa belajar untuk lebih teliti dalam menulis suatu dokumen. Saya juga menjadi lebih mengetahui tentang penulisan EYD. :3

4. Asistensi untuk menjelaskan tugas yang akan dikerjakan
Sebelum pengumpulan tugas, peserta matakuliah manpro diharuskan melakukan asistensi untuk mendapatkan penjelasan terkait tugas yang akan dikerjakan. Pada sesi asistensi ini, dijelaskan pula revisi dokumen (dokumen yang telah telah diperiksa). Kehadiran kelompok dalam asistensi ini juga diperhitungkan dalam penilaian individu. Sehingga kelompok yang melakukan asistensi biasanya hadir dengan anggota yang lengkap (1 kelompok terdiri dari 2 atau 3 orang).

5. Menilai dokumen
Melakukan penilaian terhadap dokumen adalah hal yang cukup menggalaukan. Kadang saya takut nilai yang saya berikan terlalu kecil atau mungkin terlalu besar. Untungnya pada template penilaian terdapat panduan yang cukup jelas sehingga saya bisa berusaha untuk objektif dalam menilai dokumen.

6. Sharing asisten
Tujuan sharing asisten ini agar setiap asisten bisa menyampaikan perkembangan kelompok yang dipegangnya pada kordas (Gunawan)

7. Menilai presentasi
Diakhir rangkaian tugas, peserta matakuliah manpro diharuskan untuk melakukan presentasi dihadapan semua asisten. Konten presentasi yang disampaikan yaitu rangkuman dari dokumen awal hingga dokumen akhir. Untuk penilaian, gunawan sang kordas telah menyiapkan templatenya. Jadi kami bisa menilai dengan mudah.

8. Jalan-jalan
Jalan jalan ini hanya dilakukan sekali saja sih di akhir kuliah. Meskipun begitu, makasih banyak ya gunawan yang udah mentraktir makan. Selain makan, kita juga berfoto di photo box. hohoho

Photo box dulu :3

makan makan :3

Next agenda : Makan-makan dengan dosen matakuliah manajemen proyek STI :3






You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe