99 Cahaya di Langit Eropa : Fabulous!

22.03

Disela-sela waktu KP di Pekanbaru ini, saya tiba-tiba ingin membaca buku. Kebetulan akhir minggu lalu, saya berkunjung ke Mal Pekanbaru dan membeli buku 99 Cahaya di Langit Eropa. Memang sih saya terlambat untuk membaca buku ini karena buku ini sudah dijadikan film. 

Sang penulis, Hanum Salsabiela Rais, berhasil membawa saya untuk seolah-olah mengikuti perjalanan yang sesungguhnya. Meskipun secara sekilas buku ini menceritakan tentang travelling, emosi yang ada di buku ini sangatlah kuat. Travelling yang dilakukan oleh mba Hanum pun bukan sembarang travelling. Mba Hanum menguak berbagai fakta tentang berbagai sejarah bangunan peninggalan muslim di Eropa.


Ternyata dulu muslim pernah berjaya, gemilang, dan dihormati di Eropa
Itulah fakta yang saya temukan. Beberapa tempat yang tertulis pada buku ini adalah sebagai berikut:

1. Hagia Sophia
src : answcdn.com
Hagia Sophia, bahasa Arab: آيا صوفيا , (bahasa Turki: Aya Sofya; bahasa Yunani: Aγια Σοφία, "Kebijaksanaan Suci"), Sancta Sophia dalam bahasa Latin atau Aya Sofya dalam bahasa Turki, adalah sebuah bangunan bekas basilika, masjid, dan sekarang museum, di Istanbul. (http://id.wikipedia.org/wiki/Hagia_Sophia)
2. Mezquita
src : http://eropa.panduanwisata.com

Mezquita atau Masjid Córdoba ialah sebuah katedral di Spanyol yang dahulu merupakan sebuah masjid. Pada masa kekuasaan Islam di Spanyol Córdoba adalah ibukota Spanyol di bawah pemerintahan dinasti Umayyah. Setelah Reconquista atau Penaklukkan Kembali Spanyol oleh kaum Kristen, gedung ini diubah fungsi menjadi sebuah gereja dengan katedral gotik yang dimasukkan ke tengah gedung berarsitektur Moor ini. Sekarang keseluruhan gedung dipakai sebagai gedung katedral diosese Córdoba di Spanyol. (http://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Kordoba)

3. Istana Topkapi
src : afadiarizqi.blogspot.com
Istana Topkapı (bahasa Turki: Topkapı Sarayı) atau dalam bahasa Turki Utsmaniyah: طوپقپو سرايى, biasanya dieja "Topkapi" dalam bahasa Inggris) adalah istana di Istanbul, Turki, yang merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun (1465-1856). (http://id.wikipedia.org/wiki/Istana_Topkap%C4%B1)

Sebenarnya masih banyak tempat yang diceritakan pada buku ini. Kalau mau tahu tempat apa saja yang dikunjungi, baca saja bukunya atau tonton filmnya ya.. *peace*

Bagian yang sangat menarik pada buku ini adalah pada saat Mba Hanum mengunjungi Mezquita, sebuah gereja katedral yang dulunya merupakan masjid. Mba Hanum tadinya ingin melaksanakan sholat dua rakaat disana. Akan tetapi karena ada larangan untuk sholat disana, ia pun mengurungkan niatnya. Pada bagian tersebut, emosi yang disajiakan pembaca sangatlah kuat. Apabila saya berada disana, saya pun akan turun merasa sedih dan kecewa.

99 Cahaya di Langit Eropa, sebuah buku yang menyajikan perjalanan spiritual mengunjungi jejak jejak kebesaran Islam Eropa di masa lalu, adalah buku yang penting untuk dibaca karena membuka mata kita tentang bagaimana islam dahulu dapat eksis di Eropa.
 


You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe