Jalan Gardujati no.20 Kota Bandung

21.03

Sewaktu membuka youtube, saya iseng mengetikan keyword SMAN 4 Bandung. Dari search result, ada sebuah video yang cukup menarik. Video itu adalah video wisuda SMAN 4 Bandung angkatan 2013. Berikut ini adalah video yang saya maksud:


Video tersebut benar-benar mengingatkan saya pada masa SMA di SMAN 4 Bandung. Masa yang penuh harapan dan perjuangan.

Angkot 23, jurusan cikudapateuh ciroyom, adalah kendaraan yang selalu mengantarkan saya ke SMAN 4. Meskipun hanya menggunakan satu angkot, tetapi benar-benar menguras emosi. Bagaimana tidak? dalam perjalanan, angkot yang saya tumpangi harus melewati pasar 'tumpah' ciroyom. Setelah melewati pasar tersebut, saya harus melalui spot galau. Kenapa saya sebut galau? karena angkot tersebut biasanya mengetem terlebih dahulu pada spot itu (depan hotel king garden). Jarak antara tempat angkot ngetem dan sekolah saya mungkin tinggal 200 meter. Apabila angkot ngetem pada spot tersebut, saya hanya punya 2 pilihan : Turun dan jalan, atau menunggu ngetem. Apabila saya turun dan jalan kali, saya kerap kali gondok karena setelah beberapa langkah turun dari angkot, angkot tersebut kadang-kadang langsung maju. Sebaliknya, apabila saya menunggu angkot ngetem, bisa telat tuh masuk sekolahnya.

Sewaktu SMA, saya memang tidak terlalu aktif berorganisasi. Meskipun begitu, saya tetap mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, yaitu Karawitan. Di Karawitan, kami selalu berlatih pada hari jumat sore. Latihan yang penuh dengan canda, tawa, dan kehangatan. Saya selalu merindukan masa-masa tersebut. Pada tim karawitan, karena saya tidak terlalu berbakat memegang alat musik, saya kebagian memainkan Gong. hahaha... Musik karawitan tanpa goong bagaikan sayur tanpa garam kok..

Oh iya, hampir lupa, sewaktu SMA, saya juga mengikuti ekskul Paskibra. Engga tau kenapa sampai saya ikutan paskibra. Di Paskibra, saya pernah 2 kali ikut tim lomba. Alhamdulillah keduanya meraih juara, meskipun bukan juara utama. Pada lomba pengibaran bendera, saya menjadi pembentang bendera. haha... Kenangan manis sekaligus pahit. Kenapa pahit? Karena latihannya itu lho sangat melelahkan. Tetapi itu sesuai dengan hasil yang diperoleh.

Saat SMA, saya tergolong orang yang ambisius. Apabila ada ulangan harian dan ulangan umum, saya selalu berusaha untuk mendapatkan nilai tertinggi. Ya kadang-kadang sih bisa hahaha..

Selain itu, masa SMA adalah masa yang penuh perjuangan karena saya sering sekali ikut perlombaan. Meskipun begitu, saya hanya berhasil meraih sedikit prestasi (dibandingkan dengan jumlah lomba yang saya ikuti). Saya dulu sangat menyukai mata pelajaran kimia. Oleh karena itu, biasanya lomba yang saya ikuti adalah lomba yang berbau kimia. Tapi kok sekarang kuliah, sama sekali ga ada hubungannya dengan kimia? hehe

Hal yang saya rindukan dari SMAN 4 adalah budaya mengaji sebelum pelajaran dimulai. 15 menit di awal hari, kami biasanya mengaji terlebih dahulu. Di setiap kelas, disediakan mushaf Al-Qur'an. Wah.. Sangat damai rasanya.

Masih banyak memori tentang SMAN 4 Bandung yang tidak sempat saya tuliskan.

SMA Negeri 4 tempat kita berpijak
Tempat kita menimba ilmu
Disana tercurah bakti bagi bangsa
Tuk menuju bahagia

Wahai harapan bangsa
Disana tlah menanti
Memohon Mengharap datangnya kita

Bergeraklah maju cepat
Junjung citra bangsa
Tanah tumpah pertiwi......


You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe