Kerja Praktek Chevron #2 : Pengalaman Week 1

22.06

Saya dan Antragama melaksanakan kerja praktek di Chevron Rumbai, Pekanbaru. Kerja praktek ini dimulai sejak tanggal 26 Mei 2014. Karena pada minggu pertama ini terdapat dua hari libur dan pada hari pertama (tanggal 26) kami baru berangkat dan baru sampai sore hari , otomatis kami hanya baru melaksanakan kerja praktek 2 hari. Meskipun baru mengalami 2 hari kerja, saya akan berbagi pengalaman awal kerja praktek di Chevron Rumbai.
Gerbang Chevron Rumbai
Gerbang Chevron Rumbai
Sebagai informasi awal, kami melaksanakan kerja praktek pada Chevron SMO (Sumatera Operation). Chevron SMO ini terbagi menjadi 4 wilayah, yaitu Duri, Rumbai, Minas, dan Dumai. Kami memilih kerja praktek di Rumbai karena area rumbai ini merupakan "kantor"-nya chevron. Untuk penjelasan lebih detil tentang Chevron, bisa dibaca disini.

Kami melakukan kerja praktek pada Divisi IT PAD HOPES (IT Process Application and Data, HR Operation). Jumlah karyawan pada divisi IT PAD HOPES ini sekitar 250 orang. Cukup banyak untuk suatu perusahaan non-IT.

Topik kerja praktek kami adalah tentang Application Development Life Cycle dan analisis CMMI (capability maturity model integration) dari proses development tersebut. Topik yang menarik karena cukup relevan dengan mata kuliah yang telah kami pelajari.

Pada bagian Application Development Life Cycle, lebih condong pada proses manajemen proyeknya. Jadi, divisi IT PAD HOPES ini biasanya mengerjakan proyek IT yang dibutuhkan oleh kantor atau divisi lain di Chevron. Fase-fase yang terdefinisi pada pengembangan aplikasi ini sangat jelas.

Pada hari ke 2 kerja praktek, kami diajak oleh pembimbing kami untuk melakukan meeting pada suatu proyek. Proyek ini sudah memasuki tahap desain. Fakta menarik yang kami temukan adalah pengembangan proyek yang dilakukan benar-benar mirip dengan yang dipelajari di kuliah manajemen proyek. Awalnya saya berpikir bahwa teori pada kuliah manajemen proyek hanyalah suatu keadaan ideal pengembangan proyek. Ternyata pengembangan proyek di Chevron hampir sangat sesuai dengan materi yang pernah kami pelajari. Alurnya begitu tertata rapi. Mantap deh pokoknya!

Oh iya, pembimbing KP kami di Chevron merupakan alumni IF yang seangkatan dengan Bu Cia. Beliau orangnya sangat terbuka dan baik sekali. Topik KP kami tentang Application Development Life Cycle pun dipilihkan oleh beliau.
Jam kerja di Chevron adalah sebagai berikut:
> Hari Senin - Kamis : 07.00 - 15.45, istirahat jam 12.00 - 13.00
> Hari Jumat : 07.00 - 16.30, istirahat jam 12.00 - 13.30

Untuk melakukan tugas kami, kami diberikan ruangan disamping ruang pembimbing kami. Ruangannya cukup nyaman. Berikut penampakannya:
Ruang kerja
Ruang kerja


You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe