Sejarah : suatu hal yang penuh misteri

18.08

Akhir-akhir ini saya senang membaca buku atau artikel yang berkaitan dengan sejarah. Dengan membaca informasi sejarah, saya bisa lebih mengetahui latar belakang suatu peristiwa ataupun tempat. Saya juga bisa mengambil hikmah dari berbagai kejadian sejarah yang ada. Dengan mempelajari sejarah, diharapkan kesalahan-kesalahan yang terulang pada masa lalu tidak terulang lagi.

Sejarah itu bergantung pada siapa yang berkuasa. Itulah hal yang membuat saya bingung terhadap sejarah. Bisa saja fakta sejarah yang telah beredar di masyarakat itu adalah suatu kebohongan. Suatu informasi yang telah diamini oleh banyak orang bisa jadi merupakan suatu dusta yang disebarkan dari generasi pencipta sejarah hingga generasi masa kini.

Apabila melihat suatu sejarah, katakanlah sejarah suatu peperangan, kita bisa melihat kejadian dari dua sisi : Sisi pemenang dan sisi pecundang. Kita bisa mendapatkan versi yang berbeda dari kedua sisi tersebut. Ya, memang begitulah faktanya. Fakta sejarah dari mana yang benar? Tidak ada yang tahu. tapi biasanya sih dilihat dari sisi si pemenang, karena si pemenang, dialah yang berkuasa. Berkuasa untuk menciptakan sejarah untuk diturunkan pada anak cucunya.

Terlepas dari itu semua, saya tetap menyukai informasi sejarah. Sebuah kisah menarik dari masa lalu yang penuh dengan pelajaran. Terselip berjuta makna dibalik kisah sejarah.




You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe