PKM 2013 Monitoring dan Evaluasi (Monev) : Kitates.com, Website E-learning dengan Konsep Jejaring Sosial

10.58

THE TEAM
Setelah hari sebelumnya melakukan monev yang cukup dramatis ,haha, hari selanjutnya saya melanjutkan monev untuk PKM kedua saya, yaitu kitates.com. Sebenarnya, monev untuk kitates ini juga dipenuhi dengan intrik dan drama, meskipun tidak sedramatis monev hari sebelumnya.lebai

Semua peserta diharuskan datang pukul 7.45 untuk mengambil undian giliran tampil. Presentasi sendiri berlangsung 15 menit kemudian. Ternyata eh ternyata, tidak ada undian untuk tampil. Urutan tampil didasarkan pada urutan kedatangan. Karena kami datang ke-6, jadi kami tampil dengan urutan ke-6.

Sambil menunggu tampil, kami mencoba latihan demo website kitates.com. Tetapi, ditengah latihan, sesuatu yang tidak diharapkan terjadi. Tiba-tiba kami tidak bisa mengakses web kitates.com dan tidak pula bisa mengakses cpanelnya. Inilah tampilan browser pada saat kami hendak mengakses alamat http://www.kitates.com:

  
Otomatis kamipun langsung panik, uring-uringan. Pada saat itu, sedang dilakukan presentasi untuk tim pada urutan ke-3. Semakin paniklah kami. Kami pun berusaha agar bisa mendapatkan giliran yang lebih akhir. Untungnya, kami bisa mendapatkan giliran ke-10. Syukurlah.

Karena sudah terlalu bingung, kami mencoba untuk menghubungi penyedia jasa domain dan hosting, yakni rumahweb. Untungnya mereka sangat responsif. 15 menit kemudian, website kitates.com dapat diakses kembali. Alhamdulillah.

Waktu berlalu. Tibalah giliran kami untuk tampil. Pada saat presentasi, saya mendapat bagian untuk menjelaskan tentang fungsionalitas web secara keseluruhan. Tetapi, pada saat website akan ditampilkan, website tersebut tidak dapat ditampilkan ke proyektor. Entah Kenapa. Ya sudah, saya hanya menjelaskan fungsionalitas web berdasarkan screenshoot yang telah ada pada slide presentasi. 

Penasaran dengan website kitates? Saat ini jika kita mengakses alamat http://www.kitates.com, hanya akan muncul halaman bahwa website sedang dikerjakan. (Ada alamat rahasia kalo mau ngecek webnya. Tapi rahasia. Belum rilis kan.. hehe). Berikut adalah beberapa screenshoot dari website kitates.com:


Ini adalah halaman beranda user. Pada halaman ini user dapat melihat semua aktifitas user lain. Misalnya status, soal yang diupload dan hendak didiskusikan, dll.


 
Ini adalah halaman profil dari user. Website kitates ini sangat 'jejaring sosial'. Website ini menggunakan konsep following dan followers. Coba lihat disebelah kiri atas halaman. Selain itu, dibawah area keterangan following dan followers, terdapat suatu diagram. Nah diagram itu menggambarkan pemetaan kemampuan user berdasarkan 5 komponen kelompok soal yang telah dikerjakan oleh user
Selain bisa update status, website kitates.com menyediakan fasilitas untuk upload soal layaknya status pada jejaring sosial biasa. Soal yang diupload kemudian menjadi bahan diskusi untuk semua user kitates. Soal tersebut akan muncul pada halaman beranda

Ini adalah halaman pilihan soal untuk mengerjakan soal tes yang telah disediakan
Ini adalah contoh tampilan soal yang harus dikerjakan user
Selain mengerjakan soal sendiri, kita juga dapat menantang user lain untuk mengerjakan soal dengan menekan tulisan Beat Him diatas

Ini adalah layar histori aktifitas user

Setelah presentasi, tibalah sesi tanya jawab dengan pemonev. Untungnya, pertanyaan dari pemonev hanya sedikit dan kami bisa menjawabnya dengan baik. Mudah-mudahan ini merupakan pertanda baik. hehe.

Semoga kami bisa mendapatkan hasil yang terbaik sesuai dengan apa yang kami telah usahakan. Aamiin..

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe