Situs Gunung Padang : andaikan saya seorang arkeolog

2 comments
Indonesia, sebuah negeri yang gemah ripah loh jinawi, negeri subur makmur, menyimpan sejuta misteri.  Banyak hal yang belum terungkap tentang sejarah Indonesia. Banyak hal yang harus disingkap agar kita mengetahui latar belakang sebuah negeri besar nan elok, Indonesia. Dengan mengetahui sejarah dan latar belakang sesungguhnya dari Indonesia, saya yakin kita akan semakin bangga menjadi bangsa Indonesia.

Beberapa tahun lalu, Prof. Aryos Santos melalui bukunya yang berjudul ATLANTIS : the lost continental finally found, menyatakan bahwa nusantara adalah tempat dimana peradaban atlantis muncul. Menurut saya pribadi, pernyataan tersebut merupakan pernyataan yang cukup logis. Peradaban besar atlantis pernah ada di negeri yang katanya tanah surga, why not?   Selain itu, Prof. Aryos Santos memberikan banyak bukti terkait pernyataannya tersebut.

Pada tulisan kali ini, saya tidak akan membahas tentang peradaban atlantis di nusantara. Saya ingin menuliskan tentang sebuah bangunan purba megastruktur, yakni Situs Gunung Padang. Sudah lama sekali saya penasaran tentang situs gunung padang ini. Hingga akhirnya saya menemukan sebuah video di Youtube tentang penelitian gunung padang. Berikut ini adalah video yang dimaksud:


Saya yakin, nenek moyang bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat maju dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini didukung dengan fakta bahwa daerah di Indonesia merupakan daerah yang sangat subur sehingga masyarakat pada masa itu bisa hidup damai tentram, berkecukupan. Karena kehidupan yang sejahtera, bisa saja masyarakat menjadi lebih berkembang karena mereka tidak usah lagi memikirkan kebutuhan primer mereka -makanan-. Sehingga yang terjadi adalah masyarakat bisa berinovasi menciptakan teknologi yang sangat maju. 

Tongkat kayu dan batu jadi tanaman, keren banget kan Indonesia.

Dari video diatas, tersingkap fakta dari penelitian karbon bahwa situs tersebut mungkin telah berusia 10.000 tahun. wow sangat menakjubkan. Akan tetapi, penelitian geologis tersebut masih perlu didukung oleh bukti arkeologis yang saat ini masih dicari.

Apabila terbukti bahwa situs gunung padang merupakan sebuah situs yang dibuat 10.000 tahun yang lalu, sejarah dunia harus dirombak total. Saat ini, terdapat paradigma yang menyatakan bahwa peradaban itu berasal dari bumi bagian barat. Apa jadinya bila hal ini diubah? well.. aku juga ingin tahu. 

Berdasarkan pernyataan dari seorang peneliti dari video diatas, terdapat kemungkinan bahwa area yang saat ini kita sebut sebagai situs gunung padang hanya merupakan bagian atas dari sebuah bangun megah prasejarah. Apabila hal ini terbukti benar, tentu hal ini bisa menjadi fakta yang sangat mengemparkan. Bagaimana caranya masyarakat 10.000 tahun yang lalu, yang seharusnya masih tinggal di gua dan masih menggunakan peralatan sederhana untuk berburu bisa membuat bangunan semegah itu?
---

Saya percaya bahwa nenek moyang kita adalah bangsa yang sangat hebat. Saya pun percaya bahwa bangsa Indonesia di masa mendatang bisa menjadi bangsa yang hebat pula. Sebuah bangsa yang dikagumi dunia. Sebagai generasi muda, saya harus bisa terlibat dalam menciptakan peradaban maju Indonesia di masa mendatang. Bismillah. Semangat!




Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

2 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai nusantara indonesia.Benar benar bermamfaat dalam menambah wawasan kita mengenai indonesia Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus