Autopilot

22.19

sumber gambar : https://s3.amazonaws.com/procedureus-blogphotos


Dari Wikipedia:
Pilot otomatis (dari bahasa Inggris: autopilot) adalah sebuah sistem mekanikal, elektrikal, atau hidraulik yang memandu sebuah kendaraan tanpa campur tangan dari manusia. Umumnya pilot otomatis dihubungkan dengan pesawat, tetapi pilot otomatis juga digunakan di kapal dengan istilah yang sama.

Autopilot ternyata tidak serumit definisi diatas. Disadari atau tidak, Autopilot sering terjadi dalam kehidupan kita. Begitupun dengan saya. Banyak sekali kasus autopilot yang sering saya alami. Baik dalam ruang lingkup kecil, maupun dalam ruang lingkup besar autopilot yang saya alami selalu merugikan.

Ruang lingkup kecil
Hampir setiap hari, saya selalu mengendarai sepeda motor ke kampus. Meskipun saya dapat menuju kampus melalui berbagai macam jalur, saya selalu memilih satu jalur saja. Ya, dua kali sehari saya melalui jalur yang sama, walau jalur pulang arahnya berlawanan. Oleh karena itu, saya sangat hafal dan terbiasa dengan jalur tersebut. Apabila saya mengendarai sepeda motor melalui jalur tersebut dengan mata tertutup, saya mungkin bisa melaluinya dengan lancar (oke, lebay).

Suatu saat, saya harus menemani ibu pergi ke tempat yang jarang saya kunjungi dengan mengendarai sepeda motor. Entah mengapa, tiba tiba saya mengendarai sepeda motor dengan mode Autopilot. Keluar dari rumah, tanpa disadari saya mengendarai motor ke arah kampus. Padahal tujuan saya berlawanan arah dengan kampus. Saya sadar telah salah arah ketika ibu saya bertanya tentang jalur yang saya pilih. Saat itu juga saya kaget. Ini dimana, kok saya lewat sini.. Saya bagaikan orang yang baru sadar dari amnesia..

Ruang lingkup besar
Autopilot dalam definisi yang lebih besar adalah terjebak dalam rutinitas. Hampir setiap hari, saya selalu melakukan hal yang hampir sama. Terlebih saat ini saya hanya mengambil sedikit SKS kuliah. Sehingga hari-hari saya selalu berlalu dengan kegiatan yang hampir sama. Saya jarang melakukan perencanaan. Sekalipun saya melakukan perencanaan, rencana yang saya lakukan merupakan suatu rutinitas. Jadi, saya jarang melakukan perencanaan.

Autopilot berdasarkan rutinitas adalah hal yang sangat membahayakan. Kita selalu melakukan hal yang sama dengan kualitas dan kuantitas yang hampir sama. Sulit untuk melakukan improvement didalamnya. Waktu berjalan dengan sangat cepat. Tanpa disadari, waktu kita terbuang percuma dan kita merasa belum melakukan apa-apa.

Jadi?
Try Something New

Coba tonton video ini:

Yuk coba lakukan sesuatu yang baru....!
Hal yang baru, Inspirasi baru, Semangat baru!

Jangan menjadi manusia yang autopilot karena manusia bukanlah mesin. Ekplorasilah hal-hal yang ada dalam diri kita dan hal-hal yang ada disekitar kita!

sumber gambar : http://www.sangay.com/

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe