Kenapa suka menonton acara ajang pencarian bakat di Televisi?

20.33

sumber gambar: http://trifanews.com


Saya adalah seorang penggemar berbagai acara ajang pencarian bakat. Mulai dari ajang menyanyi "menuju puncak" yang memiliki jingle terkenal, ajang menyanyi yang konon katanya mencari faktor unik dari para pesertanya, hingga acara pencari koki hebat. Bagi saya, menonton acara pencarian bakat itu sangat menghibur.

Berikut ini saya rangkum alasan menonton ajang pencarian bakat versi saya sendiri:
1. Ajang pencarian bakat itu benar-benar menampilkan perjuangan seseorang dalam mencapai mimpinya.
Salah satu hal yang saya kagumi dari acara ajang pencarian bakat adalah semangat para pesertanya untuk mencapai mimpinya. Terlihat dengan jelas perjuangan para peserta dalam mempertahankan impiannya, menjadi juara diacara tersebut. Terkadang saya terpikir bahwa semangat yang mereka curahkan dalam meraih mimpi sangatlah besar, sedangkan saya, saya selalu berleha-leha dalam mengerjar mimpi.

2. Ajang pencarian bakat itu benar-benar Reality Show
 Pada acara ajang pencarian bakat, saya benar-benar melihat berbagai macam ekspresi dan emosi, kadang sedih, kecewa, hingga semangat yang menggembirakan.

3. Ajang pencarian bakat menampilkan pertunjukkan yang fresh
Acara ajang pencarian bakat kerap kali menunjukkan sesuatu yang sangat baru, mulai dari penyanyi yang sangat unik, penari yang ajib, hingga pesulap yang ajaib. Pertunjukkan yang baru ini sangatlah menghibur.


Akan tetapi dibalik semua kelebihan yang dimiliki ajang pencarian bakat, saya juga terkadang merasa kesal dengan beberapa hal yang ditampilkan dalam acara tersebut. Hal yang dimaksud diantaranya:

1. Ajang pencarian bakat terkadang terlalu menjual cerita peserta dibanding bakat peserta. Ada beberapa acara yang selalu menjual cerita sedih dan pilu para pesertanya untuk menaikan rating acara. Pada umumnya, masyarakat Indonesia merupakan orang yang melankolis. Apabila peserta ajang pencarian bakat memiliki cerita yang lebih dramatis dari sebuah drama, masyarakat terkadang menjadi lebih suka dan terhibur sehingga agak mengabaikan bakat yang dimiliki peserta.

2.Voting peserta via SMS itu menyebalkan
Kenapa saya sebut menyebalkan? Karena saya pernah membaca suatu artikel entah dari mana, saya sendiri pun lupa. Para penyelenggara ajang pencarian bakat itu sangat money oriented. Ya iyalah namanya juga acara komersil untuk cari uang. Acara ajang pencarian bakat yang melakukan pemilihan via SMS sangat memeras pemirsa yang mengidolakan peserta. Terlebih kalau pemirsa yang dimaksud adalah saudara atau handai taulan dari peserta yang harus merelakan pulsanya hilang melayang demi keberlangsungan peserta di acara tersebut. Selain itu, hasil SMS juga sering dirahasiakan. Banyak ajang pencarian bakat yang melakukan voting via SMS yang tidak pernah menampilkan hasil perolehan suara, tetapi ujug-ujug ada hasilnya. Entahlah apakah acara yang tidak menampilkan perolehan suara merupakan acara settingan?

Mungkin masih banyak hal kekurangan dan kelebihan dari ajang pencarian bakat. Silakan bagi yang ada pendapat lain bisa berkomentar.
hehe


You Might Also Like

4 komentar

  1. Kalau aku lebih suka cuma bagian audisinya khususnya ajang Y-factor kuar negeri. Soalnya pas audisi itu lebih greget dan bikin waow dan audisi itu bener2 nunjukin kemampuan asli pesertanya. Tapi kalau ajang Y-factor di indonesia kebanyakan ngobrolnya. Apalagi yang session terakhir. Parah banget. Masa peserta nyanyi cuma 2 menit jurinya ngobrol sampe 10 menit. Parah banget lang. Udah gitu jurinya suka banget nyetop peserta pas lagi nyanyi, mau nyanyi bagus atau jelek pasti disetop. Lha wong nyanyinya bagus lagi didengerin kok disetop. Habis gitu lanjut ngobrol lama banget. Parah banget lang kalo di indonesia.
    Hahaha jadi curhat... :D
    Sorry lang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha
      Setuju banget tuh sub..
      Emang di hampir semua ajang pencarian bakat di Indonesia sekarang komentar jurinya jauh lebih panjang durasinya dari pada si Penyanyi. Coba liat deh acara D'Academy sub. Kayaknya komentar jurinya hampir 30 menit (dipotong iklan pula). Haha..
      Tampaknya acara utamanya tuh komentar juri bukan nyanyi-nya

      Hapus
  2. dengan adanya ajang pencarian bakat kan bagus buat orang orang yang memang punya bakat terselubung, dengan adanya ajang ini bakatnya tersebut bisa tersalurkan. bagus lah pokonya
    pengertian pasar

    BalasHapus
  3. "2. Ajang pencarian bakat itu benar-benar Reality Show"?

    Yg ini meragukan lang. Jangan percaya 100% apaun yg ada di TV. Biasanya udh disetting biar keliatan bagus haha..

    BalasHapus

Google+ Followers

Subscribe