Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara

No Comments
sumber gambar: http://www.kidnesia.com/


Waktu itu terus berjalan. Ia tak dapat dihentikan. Siap ataupun tidak untuk menghadapinya, waktu akan terus melaju. 


Al-quran dalam surat Al Ashr membahas tentang waktu.

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”

Selain itu, Rosulullah juga mengingatkan kita tentang waktu. Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

“Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara :
[1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,
[2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,
[3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,
[4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,
[5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.”
(HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir).

Waktu yang kita miliki itu sangatlah berharga. Waktu yang telah terbuang tidak akan penah bisa dikembalikan dengan cara apapun. Sayangnya, setiap manusia hanya memiliki waktu yang sangat terbatas didunia ini. Dengan keterbatasan waktu yang kita miliki, kita harus bisa melakukan hal-hal yang terbaik (terlepas dari hasil yang akan diperoleh).

Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara. Saat ini saya sedang berada pada waktu muda. Namun, waktu muda ini dalam sekejap akan berubah menjadi waktu tua, disadari ataupun tidak. Saya harus bisa memanfaatkan waktu muda ini semaksimal mungkin. Jadikan setiap detik yang dilalui ini sebagai suatu kebaikan. Jangan sampai muncul rasa penyesalan ketika saatnya memasuki waktu tua.


sumber gambar : https://www.facebook.com/litefmcolmbosrilanka


Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara. Alhamdulillah saat ini saya dalam keadaan sehat wal afiat. Nikmat sehat ini adalah salah satu nikmat yang kurang disadari oleh sebagian besar orang. Karena terbiasanya menjalani hari-hari dalam keadaan sehat, kita kerapkali lupa untuk mensyukuri nikmat sehat ini. Kita akan mulai menyadari betapa berharganya nikmat sehat ketika waktu sakit itu datang. Oleh karena itu, manfaatkan nikmat sehat ini dengan melakukan hal-hal bermanfaat, senantiasa menebar kebaikan, dan menjaga nikmat sehat ini (menjaga kesehatan).

Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara. Saya tidak bisa mengatakan bahwa saat ini saya dalam keadaan kaya. Tetapi, saya dapat mengatakan bahwa saat ini saya berada dalam keadaan yang berkecukupan. Alhamdulillah. Masa berkecukupan ini harus benar-benar disyukuri karena kita tidak tahu kapan masa kefakiran itu datang. Salah satu cara mensyukurinya adalah dengan menyisihkan sebagian harta yang kita miliki untuk orang-orang yang dalam keadaan berkekurangan.

Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara. Saya sering terlena dengan waktu luang. Waktu luang merupakan salah satu nikmat yang juga sering kita lupakan, sama halnya dengan nikmat kesehatan. Ketika waktu luang itu datang, kita sering terlena untuk berleha-leha, melakukan hal-hal yang sama sekali tidak ada manfaatnya atau bahkan merugikan. Kita biasanya tersadar ketika waktu luang itu menjadi semakin sempit. Lalu kita menyesal. Huft. Begitulah siklus yang sering terjadi. Saat ini pun saya cukup memiliki waktu luang. Saya berusaha untuk memanfaakannya sebaik mungkin, salah satunya adalah dengan membuat tulisan ini.

Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara. Manfaatkan hidupmu sebelum datang kematianmu. Dalam dunia ini, tidak ada satu pun hal yang pasti, kecuali satu, yaitu kematian. Kematian itu pasti datang, cepat atau lambat. Tidak ada yang tahu kapan kematian datang. Kita sebagai manusia harus selalu siap dan terus menyiapkan diri untuk menghadapi kematian. Manfaatkan hidup kita ini untuk menebar manfaat serta kebaikan. 

Karena waktu itu sangat berharga, jadi jangan membunuh waktu dengan hal-hal yang tidak berguna.



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar