Keep silent for your goal

1 comment
Awalnya yang saya tahu adalah apabila kita memiliki mimpi atau suatu tujuan hidup, kita harus menceritakannya pada orang lain. Tujuannya adalah agar orang lain juga mengetahui tujuan hidup kita sehingga ketika kita lupa terhadap tujuan kita  atau kita merasa putus asa, orang-orang disekitar kita akan mengingatkan dan memotivasi kita.

Namun setelah saya melihat video pada TEDx, pikiran saya pun berubah. Berikut adalah video yang saya maksud:


Pada video tersebut, Derek Silver melakukan sebuah riset yang sangat menarik. Derek melakukan riset terhadap 163 orang. Awalnya, 163 orang tersebut diminta untuk menuliskan tujuan atau cita-cita mereka pada sebuah kertas. Setelah itu, 163 orang tersebut dibagi menjadi dua kelompok, sebut saja sampel A dan sampel B. Sampel A diminta untuk mengutarakan tujuan hidup mereka di depan orang-orang. Sampel B tidak mengutarakan tujuan mereka, sehingga hanya pribadi masing masing yang mengetahuinya.

Setelah itu, Sampel A dan Sampel B diminta untuk mengerjakan pekerjaan yang relevan dengan tujuan hidup mereka selama 45 menit (misalnya, orang yang tujuan hidupnya adalah untuk memiliki tubuh yang langsing, mereka akan melakukan olahraga). Dalam proses tersebut, mereka dapat berhenti kapanpun mereka mau.

Apa yang terjadi?
Sampel A (orang-orang yang mengutarakan tujuan pribadinya) rata-rata berhenti pada menit ke-33, sedangkan Sampel B (orang-orang yang menyimpan dalam hati tujuan pribadinya) berhasil menyelesaikan pekerjaannya selama 45 menit. 
Ketika Sampel A ditanya setelah melakukan kegiatan tersebut, mereka mengatakan bahwa mereka merasa sudah cukup puas dan sudah cukup dekat dengan tujuan mereka. Sebaliknya, ketika Sampel B ditanya, mereka menjawab bahwa mereka merasa masih jauh dari tujuan mereka.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Ketika Sampel A memberi tahu kepada khalayak mengenai tujuan mereka, mereka merasa bahwa telah mendapatkan pengakuan sosial.

Penelitian yang dilakukan derek ini membuktikan bahwa semakin kita mengumbar-ngumbar tujuan hidup kita kepada orang lain, semakin kecil juga kegigihan kita untuk mewujudkannya, karena kita sudah merasa mendapatkan apa yang kita inginkan (pengakuan sosial). Padahal usaha yang kita lakukan belumlah seberapa.

So, ketika kita baru merencanakan suatu tujuan, keep your goals to yourself!

Tulisan ini terinspirasi dari: https://www.zenius.net/blog/8751/strategi-tips-impian-cita-tujuan
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar