Curugan Gunung Putri, Wisata Murah Meriah di Cililin, Kab. Bandung Barat

08.36

Kemarin saya berkesempatan untuk jalan jalan ke daerah cililin, tepatnya di area wisata Curugan Gunung Putri. Tempat wisata ini memang kurang terkenal dibandingkan dengan tempat wisata di daerah Lembang. Meskipun begitu, tempat wisata ini dapat dijadikan alternatif destinasi wisata keluarga,
Curugan Gunung Putri



Lokasi
Tempat wisata ini berlokasi di Jl. Kampoeng Curugan Desa Muka Payung Kecamatan Cililin, Jawa Barat. Berikut ini adalah penampakan lokasi di Googe Maps.

Disepanjang perjalanan, kita akan disuguhi nuansa pedesaan yang indah. Meskipun begitu, semakin dekat ke lokasi, jalan yang harus dilalui semakin sempit. Tapi, mobil masih bisa melewati jalan tersebut kok.

Biaya Masuk

Ini adalah salah satu faktor WOW tempat wisata ini. Kita cukup mengeluarkan biaya Rp 10.000,- perorang. Kita bisa menukarkan tiket masuk dengan minuman freshtea botol. Lumayan lah, jadi ala-ala floating market atau farmhouse gitu. Selain itu, untuk parkir kendaraan (sepeda motor) dikenakan biaya Rp 2000,-


Fasilitas

Apa saja yang bisa kita lakukan di tempat wisata ini. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan:

1. Berenang

Salah satu daya tarik tempat wisata ini adalah adanya dua buah kolam renang beserta perosotannya (ya ala ala waterboom lah ceritanya). Kolam renang pertama merupakan kolam renang anak. Tapi airnya itu terlihat cukup keruh. Mungkin memang jarang dibersihkan. Untungnya kolam renang kedua cukup jernih. Kolam renang ini memiliki kedalaman maks. 1,5 meter.

Ditempat ini, terdapat pula penyewaan pelampung, ban, bahkan celana renang. Haha.. Tetapi karena saya tidak suka berenang di tempat wisata, saya hanya melihat-lihat saya. Berikut ini adalah foto kolam renang yang dimaksud:

Kolam renang dengan air yang cukup bersih

Kolam renang dengan air yang cukup bersih (2)

Kolam renang anak

ala ala waterboom


2. Makan

Disetiap tempat wisata tentunya menyediakan berbagai menu makanan. Begitupun dengan tempat wisata ini. Berikut adalah daftar menu yang disajikan:


Menu makanan. Murah murah ya,,

Saatnya makan


Kami memesan menu paket ikan mas. Satu paket berisi ikan bakar 1 kg, nasi satu bakul, lalaban, dan sambel. Dengan harga yang hanya Rp 70.000,- , kami bisa memakan paket ikan tersebut bersama sama (4 orang dewasa + 3 anak anak). Kalau rasa makannya sih standar aja sih. Hanya saja, ikan bakarnya sangat lembek, mungkin karena ikannya hanya dibakar sebentar.


Ditempat ini disediakan pula saung-saung untuk tempat makan dan beristirahat, Saung-saung ini tersebar di berbagai tempat, mulai dari dipinggir kolam renang, dipinggir tempat pemancingan, hingga diatas bukit-bukit kecil.

3. Memancing

Bagi anda yang suka memancing, anda bisa menyalurkan hobi anda di tempat ini. Bagi yang tidak memiliki alat pancing, kita dapat menyewa alat pancing tersebut. Tetapi saya tidak mengetahui besaran biaya sewanya. 

Iya sih kita bisa memancing, tapi kolam ikan disini sangat kecil. Selain itu, airnya cukup kotor. Saya sering menemukan bangkai ikan yang mengambang di sudut sudut kolam. Haha.. Tapi masih tetap banyak pengunjung yang memancing disana.


4. Terapi ikan

Ditempat wisata ini, terdapat kolam kecil yang berisi ikan-ikan terapi. KIta cukup memasukkan kaki kita di kolam tersebut dan voila kaki kita akan dikerubungi oleh ikan ikan kecil. Konon katanya, ikan-ikan tersebut memakan sel-sel kulit mati di kaki kita. 

Saya tidak mencoba terapi ikan ini karena sudah pernah merasakannya di tempat lain. Kalau tidak salah, untuk menikmati terapi ikan ini tidak dipungut biaya tambahan.


5. Main di sungai

Tempat wisata ini dilalui oleh sungai dengan aliran air yang cukup tenang. Ditengah sungai, terdapat bebatuan, baik itu batu besar dan kecil. Pengunjung diperbolehkan untuk turun ke sungai tersebut. 
Keruh sih air sungainya


6. Main di air terjun ala-ala

Selain sungai, terdapat pula air terjun kecil. Ya lumayanlah untuk bermain air atau sekedar berfoto-foto ria.

Air terjun ala-ala


7. Melihat pemandangan ala-ala Ngarai Sianok

Di suatu sisi, terdapat suatu pemandangan tebing yang menurut saya cukup mirip ngarai sianok. Haha... Lumayan lah spot ini dapat dijadikan tempat untuk foto-foto.
Mirip ngarai sianok gak sih?


8. Area permainan anak

Ditempat wisata ini, terdapat pula beberapa permainan anak seperti ayunan, jungkat jungkit, dll.
Ayunan

Gak tau ini namanya apa..


Kesimpulan

Kelebihan:


  • Murah meriah, kita bisa menikmati berbagai fasilitas
  • Makannya murah dan lumayan enak


Kekurangan:


  • Tempatnya agak kotor, jarang sekali tempat sampah
  • Belum dikelola secara profesional sehingga kurang tertib
  • Parkirnya acak-acakan
Penutup
Tadinya mau foto ala-ala untuk diupload di IG. Tapi karena gak instagramable, jadi cuma upload disini aja deh. haha


You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe