Kaleidoskop Dua Nol Satu Lima

No Comments
Hari pertama di tahun 2016..

Meskipun Inul berkata bahwa, masa lalu, biarlah masa lalu, jangan kau ungkit jangan ingatkan aku~~, Tetapi bagi saya, kejadian yang telah berlalu tidak boleh dilupakan karena pasti terdapat suatu pembelajaran dalam setiap kejadian yang telah kita lalui.

Tahun 2015 adalah tahun yang sangat berkesan bagi saya karena saya melalui berbagai kejadian yang sangat spektakuler.  Berikut ini adalah beberapa kejadian WOW yang terjadi selama tahun 2015 (Ala ala on the spot)

1. Seminar TA1
Konon katanya berdarah-darah. Ya memang begitulah. Saya sudah berusaha untuk menguasai materi. Namun, dosen penguji mengajukan pertanyaan bertubi-tubi. Benar-benar di luar dugaan karena Sang Dosen Penguji itu sebelumnya orang yang sangat kalem (saya pernah seminar kerja praktik dengan beliau dan beliau sangat kalem), namun pada seminar TA ini beliau berubah. Darah-darah itu bertambah ketika Sang Dosen pembimbing pun ikut bertanya, pertanyaannya merupakan pengembangan dari pertanyaan dosen penguji. Saya makin kikuk dibuatnya. Untunglah semua kejadian itu dihentikan oleh waktu, karena setelah saya masih ada yang harus mempresentasikan TA1 nya.. haha

Saya, Fajrin, dan Nico. Seminar bareng

2. Sidang TA
Sidang TA ini tak kalah dramatis dari seminar TA1. Drama utamanya adalah pada saat mencari dosen penguji. Susahnya luar biasa. Spectacular. Waktu pelaksanaan sidang ini juga mundur beberapa hari karena ada kejadian drama dari salah seorang dosen. Haha.. Ketika sidang pun drama berlanjut. Salah seorang dosen penguji berkata, TA kamu ini kurang ada kontribusinya bagi akademik. Jadi, kamu membuat TA ini hanya untuk sekedar lulus dan memuaskan diri kamu sendiri? Zong banget. Saya pun mati gaya. Tapi syukurlah, saya bisa lulus dengan nilai yang baik:)
Foto bareng setelah selesai sidang TA



3. Daftar Ulang S2
Pada kejadian ini, tidak ada drama sebenarnya, Hanya saya senang saja karena bisa mendapatkan NIM 232 setelah sekitar 2 bulan mengikuti kuliah S2 dengan masih menggunakan NIM 182.
KTM S2


4. Wisuda S1
Inilah salah satu momen yang paling ditunggu di tahun 2015. Lika-liku yang dihadapi selama mengerjakan tugas akhir terbayar pada acara wisuda ini. Akhirnya, setelah acara wisuda, saya dapat menyematkan gelar pendek dibelakang nama saya: Gilang Ramadhan,S.T.
Wisuda Oktober HMIF 2015


5. Ikut Proyek Dosen
Pada tahun ini pula saya berkesempatan untuk mengikuti proyek Dosen. Proyek ini sangat menarik karena saya bisa belajar berbagai hal. Pada proyek ini, kami melakukan penilaian kematangan TI dan evaluasi masterplan TI pada sebuah perusahaan BUMN. Melalui proyek ini, saya mengunjungi beberapa kota seperti Bandung, Jakarta, Cirebon, Tasikmalaya, Sukabumi, dan Sorong (Papua). What a very great experience.

Berfoto bersama pegawai Askrindo

6. Ke Raja Ampat
Perjalanan ke raja ampat merupakan salah satu bagian (atau BONUS) dari proyek dosen yang telah saya sebutkan pada poin sebelumnya. Pada proyek tersebut, tujuan terakhir yang dikunjungi adalah Kota Sorong. Karena Kota Sorong merupakan "pintu gerbang Raja Ampat", maka tak kami sia-siakan. Untungnya, kami mendapatkan full facility dari pihak perusahaan yang kami audit, sehingga kami bisa melenggangkan kaki ke Raja Ampat for free. Wow.

Memang, bak mimpi di siang bolong, saya bisa merasakan "surga dunia" yang sangat menakjubkan.






7. Seminar Metode Penelitian
Kembali ke urusan akademik, pada akhir tahun ini saya menghadapi seminar metode penelitian tesis. Sebelum seminar ini berlangsung, as usual, terjadi drama. Topik yang saya ajukan ditolak oleh dosen pembimbing padahal seminggu lagi harus mengumpulkan draft dokumen. Walhasil karena kejar setoran, saya pun menelan mentah-mentah topik alternatif yang diberikan oleh dosen pembimbing, walaupun sebenarnya topiknya tidak berbeda jauh dengan apa yang saya usulkan.Akhirnya, meskipun tanpa bantuan Bandung Bondowoso ataupun sangkuriang, saya berhasil menyelesaikan draft proposal tersebut.

Pada saat seminar, saya pikir seminar ini akan berdarah-darah seperti seminar TA. Namun kenyataannya tidak. Saya diberikan insight yang sangat bagus dari dosen penguji. Alhamdulillah

---
Sebenarnya masih banyak momen WOW yang saya alami sepanjang tahun 2015, tapi karena saya mager nulis, segitu dulu aja kali ya.. haha

Semoga Tahun 2016 ini lebih baik :)
Aamiin..
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar