Al Pukyong dan Sholat Tarawih

21.43

Berdiri bersama, merendahkan hati dan diri, mengharapkan ridho illahi.


Langit sudah gelap. Udara dalam ruangan kecil itupun menjadi cukup panas. Terdapat 3 barisan di belakang imam yang tersusun sangat rapat. Tapi tak mengapa, hal tersebutlah yang menjadikan malam itu semakin berkesan.

Bulan Ramadan menyimpan keberkahan yang tak terhingga, terutama ketika malam telah datang. Ketika menjalankan shalat tarawih, hati yang lelah bisa kembali menjadi tenang. Perasaan yang gundah gulana kembali menjadi aman sentosa. 

Di kota Busan, masjid dapat dihitung oleh jari. Sangat berbeda dengan keadaan di tanah air karena hampir di setiap rukun warga (RW) terdapat masjidnya masing-masing. Untuk sampai pada masjid terdekat, saya harus menghabiskan waktu setidaknya 60 menit menggunakan metro (kereta bawah tanah). Untungnya, pada bangunan asrama lama, terdapat suatu ruangan kamar yang dapat kami gunakan untuk sholat bersama. Ruangannya kecil, tapi cukup bisa menghidupkan kehangatan tali silaturahmi sesama muslim.

Al Pukyong namanya. Ruangan ini terletak pada lantai 3 bangunan asrama lama kampus Pukyong National University. Meskipun sempit, ruangan ini sangat nyaman. Dindingnya dibalut paperwall yang rapi. Lantainya bercorak serat kayu. Ruangan ini juga dilengkapi air conditioner sehingga membuat kami semakin nyaman untuk beraktivitas di dalamnya.

Ya, meskipun saya sebenarnya rindu dengan suasana masjid di tanah air, keberadaan Al Pukyong dan saudara muslim Indonesia menjadi obat ampuh untuk mengobati kerinduan tersebut. Alhamdulillah.

Marhaban ya Ramadan..

suasana buka puasa bersama
photo by Mas Fajar

suasana buka puasa bersama 
photo by Mas Jemmy

Menunggu sholat tarawih
Photo by Mas Fajar

You Might Also Like

5 komentar

  1. Marhaban ya Ramadhan Gilang, selamat berpuasa di negeri seberang sana ya! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap antra..

      tahun depan juga kayaknya kamu kebagian puasa ramadan di inggris ya..
      Semangat!!!

      Hapus
  2. Balasan
    1. Alhamdulillah..
      hatur nuhun Hani :)

      Hapus

Google+ Followers

Subscribe