Ke-eksis-an Orang Indonesia di Mata Dunia : Dari Perspektif Wajah.

1 comment

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di Dunia. Dengan jumlah penduduk nomor 4 terbesar di dunia, Indonesia tidak dapat dipandang sebelah mata. Terlebih dengan sumber daya alam yang luar biasa besarnya, Indonesia dapat dijuluki pula sebagai tanah surga. Bahkan Indonesia diprediksi sebagai atlantis yang hilang.

Terlepas dari keadaan geografis Indonesia, saya memiliki fakta menarik tentang keeksisan orang indonesia di mata dunia dari perspektif wajah. Haha.. Alhamdullah, saya telah pernah bertemu dengan (sedikit) berbagai macam orang dari berbagai belahan dunia. Ketika pertama kali bertemu mereka, biasanya mereka mencoba menebak asal negara saya.

Bicara mengenai tebak-tebakan, hampir tidak pernah ada yang benar menebak bahwa saya adalah orang Indonesia. Kalau bertemu dengan orang korea, pasti mereka menebak bahwa saya adalah orang filipina. Almost! . Terkadang ada saja orang yang menebak saya dari India atau Bangladesh, itupun bukan hanya satu orang. Ya keles, wajah India dari mana coba. Mungkin cuma warna kulit saya saja yang sama dengan orang India. hahaha...

Pengalaman unik adalah ketika beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke Vietnam. Banyak orang yang mengira bahwa saya adalah orang Vietnam. Bahkan petugas hotel pun randomly berbicara dengan saya menggunakan bahasa vietnam.. tang tong tang tong tang tong (kedengarannya sih begitu). Kalau ini agak wajar sih karena wajah orang Vietnam agak-agak mirip dengan wajah orang Indonesia.

Selain itu, tak jarang saya dikira sebagai orang Malaysia. Ya deket-deketlah. Tapi mereka tidak pernah benar menebak bahwa saya dari Indonesia. 

Apa yang salah ya?
Apa wajah saya kurang mencerminkan orang Indonesia? atau orang Indonesia memang kurang eksis di pergaulan dunia?

hmmm..
Sebagai representasi orang Indonesia di negeri orang, hal yang dapat saya lakukan adalah menjaga baik-baik citra Indonesia dengan cara melakukan pekerjaan apapun dengan sebaik mungkin.

Bismillah..


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar

  1. Yup, akhirnya maneh ngerasain ini lang. Kalo menurut aing sih, Indonesia masih kurang eksis di mata dunia, khususnya di kalangan anak muda sih ato yang seumuran kita. Kita selalu bangga dengan populasi terbesar ke-4 di dunia tapi nyatanya kita kurang dikenal dunia. Branding negara kita masih kurang sih kalo menurut aing. CMIIW.

    BalasHapus