Naik tingkat, #30DWCHari16

No Comments

Hidup ini adalah tentang ujian. Setiap ujian hidup memiliki tingkat kesulitannya masing masing, mulai dari yang mudah hingga yang sangat sulit. Tapi jangan khawatir, semuanya akan datang secara bertahap. Ujian hidup bertujuan agar kita bisa naik tingkat. Naik ke level yang lebih baik. Ujian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas diri kita. Masalah yang datang silih berganti, tantangan yang harus dilewati, maupun kebahagiaan yang kita miliki, semuanya adalah ujian.

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kita harus bisa terus melompati masalah-masalah yang ada. Semakin banyak masalah yang telah kita hadapi, semakin diri kita terasah untuk menghadapi masalah-masalah yang baru. Akan tetapi, banyak dari kita (terkadang saya) terjerembab dalam suatu masalah, dan berhenti dalam melangkah. Hal ini menyebabkan kita belum bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kita akan terus jalan ditempat.

Ingatlah kawan, waktu itu terus berlari. Waktu tidak akan memperdulikan apakah kita sudah siap menghadapi masalah atau tidak. Waktu tidak toleran terhadap diri yang terperosok dalam kubangan sehingga sulit untuk melangkah. Waktu hanya mengetahui satu hal, ia akan terus berlari tak peduli dengan insan-insan yang tertunduk lesu menghadapi masalah yang ada.

Karena aku percaya terhadap satu hal kawan:

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya..
--QS. Al-Baqoroh Ayat 286.

Kita pasti bisa menghadapinya kawan. Jika engkau merasa bahwa engkau tak bisa, mungkin ada dinding pembatas di dalam pikiranmu. Dinding tersebut menghalangi kita untuk bisa percaya bahwa kita sanggup, kita bisa. Engkau harus percaya pada janji Allah SWT bahwa Dia tidak akan memberikan masalah tanpa solusi, tidak akan memberikan kesulitan tanpa ada jalan keluar. Engkau harus benar-benar menyakini hal tersebut. Dengan menyakini janji Allah SWT tersebut, itu artinya engkau telah berusaha untuk beriman kepadaNya.

Engkau harus bisa naik tingkat, kawan. Engkau harus bisa terus memperbaharui kapasitas dirimu. Mari bersama-sama kita melangkah untuk melewati ini, kawan.

Sekali lagi, engkau harus percaya terhadap hal ini kawan, Insya Allah engkau pasti bisa melewatinya. Aku yakin itu!.

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."
--QS. Al-Baqoroh Ayat 286.



GR
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar