100%

07.42

"Usaha itu tidak akan pernah mengkhianati hasil"
Begitulah pepatah berkata tentang sebuah usaha.

Dalam domain manusia, hal yang bisa dilakukan adalah berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai hasil yang diinginkan. Ya, untuk mencapai hasil 100%, mau tidak mau kita juga harus memberikan usaha 100% atau bahkan lebih.

Namun, apa maksud dari usaha yang 100% tersebut? Saya mendapatkan sebuah video dari situs salingsapa.com yang sangat inspiratif terkait dengan melakukan usaha secara maksimal. Berikut ini adalah video yang saya maksud:



Dikutip dari video di atas:

Bertaqwalah kamu semampu kamu. 
Bagaimana kita tahu batas kemampuan kita? Jangan berhenti melakukan suatu usaha sebelum Allah SWT menghentikan kita. Bukan berarti bertaqwalah kamu semampu mu berarti suka suka dan sesuai dengan standar hawa nafsu manusia. Jangan berhenti melakukan kebaikan sebelum Allah SWT yang menghentikan kamu.

Terkadang manusia membuat boundary atau batasannya sendiri terkait dengan kemampuan dan kapasitas usaha yang dapat dilakukan. Batasan tersebut dibuat atas dasar persepsi pribadi dan hawa nafsu.

Terkait dengan usaha 100%, sebenarnya kita juga tidak tahun dengan pasti dimanakah posisi usaha 100% itu berada. Barangkali kita merasa bahwa kita sudah berusaha maksimal, tetapi nyatanya bila dikuantifikasi, usaha kita hanyalah sebatas 75% atau bahkan kurang dari itu. Sebenarnya kita bisa melakukan hal yang lebih baik dari itu.

Jadi, dalam melakukan suatu usaha, cobalah untuk mengejar 100% tersebut. Memang kita tidak tahu dimana posisi 100% tersebut. Namun, selagi kita masih bisa untuk melakukan hal yang lebih baik -dan terus lebih baik lagi-. Why not?

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe