Jadilah salah satu amal jariyah itu

00.11



Teringat sebuah lirik yang sering kita nyanyikan sewaktu kita masih cilik:

Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa. 
Hanya memberi tak harap kembali, bagai Sang Surya menyinari dunia

Pada tulisan ini, orang yang saya maksud bukan hanya Ibu melainkan juga Ayah kita. Sesuai dengan lirik lagu tersebut, begitulah kasih sayang kedua orang tua kita, bagai sang Surya menyinari dunia. Sang surya takkan pernah meminta kembali cahaya yang selalu di pancarkan sepanjang siang. Sang surya pun takkan pernah bosan memberikan kehangatannya kepada manusia di muka bumi. Begitupun dengan orang tua kita. Ya, meskipun dalam beberapa kasus ditemukan anomali, saya mengganggap bahwa orang tua kita itu memang bagai sang surya.

Jika kita hitung-hitung jasa yang telah diberikan oleh orang tua kepada kita, kita telah melakukan hal yang sia-sia. Jasa dan kasih sayang orang tua itu tak pernah bisa dihitung. Oleh karena itu, kita sebagai seorang anak takkan mampu membalas jasa, kasih sayang, dan kebaikan yang diberikan orang tua kepada kita. Ya, saya pun menyadari hal tersebut.

Meskipun begitu, sebisa mungkin, sekuat tenaga yang saya miliki, saya ingin sekali membalas kebaikan kedua orang tua, Ayah dan Ibu. Bagaimana caranya? Apakah dengan memberikannya rumah, mobil, harta kekayaan lainnya? Tentu itu semua tidak akan cukup kita berikan pada kedua orang tua kita bila dibandingkan dengan kebaikan dan kebahagiaan yang telah kita nikmati.

Ada suatu hal yang pasti lebih bermakna bagi orang tua kita dan dapat mengantarkan keduanya ke Jannah. Apa itu? Cukuplah kita sebagai seorang anak agar bisa menjadi anak yang sholeh. Karena doa dari anak sholeh itu merupakan suatu amal jariyah yang pahala nya akan terus mengalir meskipun kita sudah tak bernyawa,

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Salah satu cita-cita saya adalah saya ingin menjadi amal jariyah bagi kedua orang tua saya. Saya ingin agar doa yang saya panjatkan untuk kedua orang tua saya bisa menjadi amalan baik bagi kedua orang tua saya.

Untuk itu, memang sangat tidak mudah. Tapi Insya Allah..  dengan usaha yang sungguh-sungguh tidak ada yang tidak mungkin (atas izin Allah).

"Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shaghiran"
Ya Allah Ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku. Kasihinilah mereka seperti mereka mengasihiku di waktu kecil.
Aamiin..

Busan, 4 Juli 2016, 1 jam sebelum waktu imsak

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe