Tantangan "Morning Glory"

4 comments
Pemandangan pagi yang saya lihat dari kamar. Tampak pembangun selalu dilakukan oleh bangsa Korea, baik itu pembangunan infrastruktur maupun pembangunan sumber daya manusia.

Pola tidur saya sekarang dapat dikatakan cukup kacau. Penyebabnya ada 2. Pertama, ketika awal sampai di Korea, saya agak kaget karena perbedaan waktu. Memang sih perbedaannya hanya 2 jam, tetapi setiap hari berarti saya harus bangun 2 jam lebih awal. Karena hal ini, tentunya tubuh memerlukan adaptasi karena pada dasarnya tubuh memiliki jam fisik tersendiri yang telah terbangun selama 22 tahun hidup saya. Kedua, ketika Bulan Ramadan. Bulan Ramadan tahun ini di Korea bertepatan dengan Summer Season. Oleh karena itu, waktu siangnya lebih lama. Waktu fajar (imsak) yang pernah saya alami adalah diantara pukul 3.10 hingga 3.20. Karena terbilang "terlalu subuh", saya hampir tidak pernah tidur sebelum waktu sahur. Karena selain harus mempersiapkan makanan untuk sahur, tidur sebelum sahur memperbesar probabilitas untuk melewatkan makan sahur. Jadi pada bulan Ramadan saya selalu tidur setelah subuh which is waktu setelah solat subuh adalah waktu yang terlarang untuk tidur.

Karena terpengaruh kebiasaan Bulan Ramadan, saya menjadi sering tidur setelah sholat shubuh. Dan itu merupakan suatu kesalahan yang sangat besar. Tidur setelah sholat shubuh adalah hal yang terlarang. Mengapa? Saya coba kutip alasannya yang bersumber dari artikel di internet:

Imam Ibnul Qayyim mengatakan dalam kitabnya Zaadul Ma’aad, bahwasannya orang yang tidur di pagi hari akan menghalanginya dari mendapatkan rizki. Karena waktu subuh adalah waktu di mana makhluk mencari rizkinya, dan pada waktu tersebut Allah membagi rizki para makhluk.

Dan beliau menukil dari Ibn ‘Abbas radliyallahu ‘anhu bahwasannya dia melihat anaknya tidur di waktu pagi maka ia berkata kepada anaknya ‘bangunlah engkau! Apakah kamu akan tidur sementara waktu pagi adalah waktu pembagian rezki? ¹

Tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Karena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang shalih. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barakah (banyak kebaikan).”

Dalam hadits Rasulullah Shallallahu’ alahi wassallam yang shahih yaitu
“Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi harinya”
HR. Abu Dawud no. 2606, Tirmidzi no. 1212, Ibnu Majah no. 2236, shahihAt-Targhiib waTarhiib no, 1693

Dan hadits

“Diberikan barakah kepada ummatku di pagi harinya”
HR. Abu Dawud at-Thaayalisy dishahihkan Syaikh Alalbani dalam ShahihJami’ush Shaghir no. 2841

Rasulullah Saw. bersabda:

“Seusai shalat fajar (subuh) janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rezeki.” (HR. Thabrani)


Sumber: http://www.akhwatmuslimah.com/2013/11/23/1560/kenapa-tidak-boleh-tidur-lagi-setelah-sholat-subuh/#ixzz4FyNGF480 

Yak, karena waktu subuh merupakan waktu yang memiliki banyak sekali keutamaan, sayang sekali rasanya bila kita melewatkan keutamaan tersebut. Oleh karena itu, saya menantang diri saya untuk melakukan morning glory activity setelah sholat shubuh dengan harapan bahwa saya bisa memulai hari dengan aktivitas yang bermanfaat. Ini dia morning glory activity yang ingin saya lakukan setelah sholat shubuh:
1. Mengaji (Membaca Al-Quran), 15 menit
Mengaji setelah sholat subuh menjadi priotitas utama saya karena tentunya mengaji memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk jiwa dan ketenangan hati kita.

2. Menulis (atau review) to do list, 10 menit
Biasanya sih saya membuat to do list malam hari sebelum tidur. Tapi biasanya sering lupa juga sih. Jadi intinya, aktivitas morning glory yang kedua adalah memastikan bahwa saya telah membuat to do list.

3. Baca buku, 15 menit 
Saya sudah memulai untuk merutinkan membaca buku diluar buku perkuliahan. Saya biasanya membaca buku lewat google play book. Ya, masih belum rutin sih. Dengan tantangan morning glory ini saya berusaha untuk merutinkannya. 

4. Workout / olahraga, 20 - 30 menit
Men sana in corporle sano. Saya percaya dengan kutipan tersebut. Di dalam tubuh yang sehat itu terdapat jiwa yang kuat,sangatlah logis. Oleh karena itu, saya ingin mencoba untuk merutinkan berolah raga kecil pada pagi hari.

5. Menulis artikel di blog, 15 menit
Nah, saya juga ingin merutinkan untuk menulis di blog ini. Mungkin jika saya menulis artikel di pagi hari, saya bila lebih sering untuk membuat postingan di blog ini. Menulis artikel 15 menit di pagi hari bukan berarti bahwa saya harus memposting setiap hari. Melainkan, saya bisa saja mencicil untuk menulis sebuah artikel atau postingan di blog ini. Yang terpenting adalah berusaha untuk menulis 15 menit di pagi hari.

Thats all.
Waktu morning glory yang saya butuhkan adalah 15+10+15+20+15 = 75 menit. 
Ya, kalau saya memulainya jam 5, seharusnya jam 6.30 saya sudah selesai melakukan banyak hal.
Lets see, apa yang terjadi di esok hari.

Lets be a productive person!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

4 komentar

  1. asiikkk banget nih, semangat lang mengejar morning glory!

    BalasHapus
  2. hello. . . it's me.

    biasanya baca buku apa lang? non-fiksi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai..

      iya, bacanya non fiksi, lebih ke self development gitu

      Hapus