Tulus, Musisi yang penuh inspirasi

2 comments
Bagi saya, Tulus adalah seorang musisi sekaligus inspirator. Betapa tidak? Kesuksesan yang ia alami sekarang merupakan akumulasi dari setiap mimpi dan usaha yang telah ia lakukan. Bagi saya, Tulus adalah sosok yang bisa memberikan nyawa pada mimpi-mimpinya. Live your dream and wear your passion.


Berdasarkan hasil kepo yang saya lakukan selama menjadi penikmat musik tulus, perjalanan bermusik tulus bermula dari sebuah langkah yang kecil. Ketika saya menonton konser Tulus tahun 2014, Tulus menyampaikan potongan perjalanan karirnya. Bermula dari mini konser di sebuah kafe, hingga menggelar konser dengan ribuan penonton, bahkan hingga ke negeri orang. Sangat inspiratif.



Tulus benar-benar bisa menghidupkan mimpinya. Ia adalah salah satu musisi yang sukses meskipun berada pada label independen. Hal itu ia lakukan agar ia bisa tetap pada jalur cita-citanya. Ia tidak ingin mendapatkan tekanan ketika bermusik, seperti halnya musisi yang berada pada label tertentu. Karena pada dasarnya label ternama berorientasi pada pasar dan profit.


Ia telah berani menghidupkan mimpinya. Buktinya? Mimpinya hidup!

Baru-baru ini, tulus merilis album terbarunya, album ketiga, dengan tajuk "Monokrom". Berdasarkan pernyataan dari Tulus, album ini merupakan ungkapan rasa terima kasih terhadap semua orang yang telah membantunya untuk bisa menjadikan mimpinya itu hidup.


Bagi saya, album monokrom ini merupakan album terbaik yang ia buat selama ini. Setiap lagunya memiliki jiwa. Bila saya mendengarkan masing masing lagu dan menyimak setiap lirik yang disampaikan, saya langsung baper.

Begitulah bila seseorang mengerjakan sesuatu dengan hatinya. Karya yang dihasilkan seolah memiliki magis yang membuat si penikmat karya tersihir dan larut di dalamnya. Bagaimana saya tahu bahwa Tulus mengerjakan karyanya dengan hati? Setidaknya video di bawah ini akan sedikit memberikan fakta tersebut:

Bila ditanya, apakah lagu favorit saya di album monokrom tulus? Sebenarnya sulit sekali untuk menjawabnya karena saya menyukai semua lagu di album monokrom. Tapi setidaknya terdapat 3 buah lagu yang paling berkesan bagi saya, yaitu Monokrom, Mahakarya, dan Lekas.

1. Monokrom


...
Dimanapun kalian berada
Ku kirimkan terima kasih
Untuk warna dalam hidupku 
Dan banyak kenangan indah
Kau melukis aku

Kita tak pernah tahu
Berapa lama kita diberi waktu
Jika aku pergi lebih dulu
Jangan lupakan aku
Ini lagu untukmu
Ungkapan terima kasihku
...

Ini adalah lagu paling baper dalam album monokrom tulus. Lagu ini berisi tentang ungkapan rasa terima kasih tulus terhadap orang orang yang berkontribusi baginya hingga ia berada pada titik saat ini. Secara lebih spesifik, lagu ini ditujukan untuk kedua orang tua tulus.

Tulus menganalogikan sebuah kenangan dengan foto monokrom, hitam-putih. Dengan foto monokrom, kita harus bisa lebih mengingat kenangan yang ada dalam foto tersebut. Warna baju yang dipakai setiap orang, aroma ruangan, warna berbagai macam benda, dan lain lain. Ya pokoknya lagu ini makna nya dalem banget deh.

2. Mahakarya

Beri hati pada setiap kerja kerasmu
Karya-karyamu
Beri hati pada setiap kerja kerasmu
Karya-karyamu


Bagi saya lagu ini bermakna tentang bagaimana kita bisa menghadirkan hati pada setiap pekerjaan yang kita lakukan. Apabila kita mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh, dengan sepenuh hati, kita bisa menghasilkan Mahakarya itu..

3. Lekas
...
(lekas) hentikan tangismu (lekas) berbinar matamu
(lekas) waktumu sangat terbatas
(lekas) hentikan tangismu (lekas) hargai nafasmu
(lekas) waktumu sangat terbatas

waktu enggan menunggumu
dunia terlalu ramai untuk manjakanmu
enyahlah semua sedihmu
... untuk terus terus tersenyum
...

Lagu lekas ini sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2014. Lagu ini dijadikan soundtrack untuk Film Nafas 3 Likas. Hal yang saya ambil dari lagu ini adalah tentang waktu. Waktu akan terus berjalan tidak peduli dengan keadaan kita. Oleh karena itu, kita harus lekas untuk bangkit dan terus maju.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

2 komentar

  1. LEKAS kerjakan tesismu dan jangan lupa kerjakan dengan hati agar menjadi sebuah MAHAKARYA yang tercetak dalam kertas MONOKROM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tsadeeeeeest..........................................................................................

      Hapus