#30DWCHari2, Inspirasi dari Film Nil Battey Sannata : Menjadi Manusia Pembelajar

No Comments
Salah satu hal yang saya kagumi dari film Bollywood adalah film asal india ini kerap kali mengangkat tema yang tidak melulu soal cinta. Sebut saja judul film seperti 3 Idiots yang mengangkat tema terkait pendidikan.



Baru-baru ini, saya menonton film yang juga mengangkat tema tentang pendidikan, judulnya Nil Battey Sannata. Film ini menceritakan tentang Appu, seorang anak kelas 10 di India. Ibunya adalah seorang pembantu rumah tangga pada kelurga terpandang. Di sekolahnya, Appu termasuk murid yang pemalas. Ia jarang sekali belajar. Ia beranggapan, "anak dokter pasti akan menjadi dokter, anak insinyur pasti akan menjadi insinyur, dan anak pembantu pasti menjadi pembantu." Ya, Appu hanyalah seorang anak pembantu. Ketika ia ditanya cita citanya, ia menjawab bahwa ia ingin menjadi pembantu, sama seperti ibunya.

Karena kecewa, sang ibu mengadu pada majikannya. Tak disangka, sang majikan memaksa Ibu Appu untuk kembali bersekolah. Pada akhirnya, Ibunda Appu bersekolah pada sekolah yang sama dengan tempat Appu belajar. Bayangin ada ibu-ibu nyempil belajar di kelas dan harus sekelas dengan anaknya..

Persaingan, persahabatan, dan semangat terjadi ketika Ibunda Appu berada sekelas dengan Appu. Dengan semangat dan kerja keras akhirnya perubahan-perubahan yang baik terjadi. 

Saya tidak ingin memberikan spoiler lebih lanjut terkait film ini. Film ini sangat saya rekomendasikan untuk ditonton karena film ini bisa membakar semangat kita untuk membuat cita cita yang tinggi dan menumbuhkan hasrat kita untuk meraihnya. 

Film ini juga memberikan banyak sekali inspirasi. Beberapa inspirasi yang bisa saya ambil dari film ini diantaranya:

1. Belajar itu adalah proses yang harus dilakukan sepanjang hayat
Hal ini ditunjukkan ketika ibunda appu memutuskan untuk kembali belajar dan sekelas dengan putrinya. Bahkan nilai ujian beliau pernah mengalahkan appu. 

2. Untuk meraih sesuatu, diperlukan usaha dan kesungguhan hati
Ya, awalnya ibunda appu mengalahkan sang putri saat ujian. Tapi karena tak mau kalah di ujian selanjutnya, appu berusaha belajar dengan sangat keras dan bersungguh sungguh. Walhasil, appu bisa mengalahkan ibunya pada suatu ujian.

3. Ilmu itu bukanlah hal yang dihafal, melainkan hal yang bermanfaat bagi orang lain
Appu dan ibunya bisa mendapatkan nilai yang cukup bagus karena mendapat bantuan dari seorang teman sekelasnya yang pandai. Ia kerapkali memberikan pelajaran tambahan kepada appu dan ibunya dengan menganalogikan materi pelajaran dengan kehidupan sehari hari. Jadi, ilmu itu sesungguhnya bukanlah yang tertulis didalam buku teks pelajaran, melainkan hal yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

4. Buah itu bisa jatuh JAUH dari pohonnya
Ya, kebanyakan anak dokter bisa menjadi dokter dan anak insinyur pun banyak yang menjadi insinyur. Tapi bukanlah hal yang tidak mungkin anak seorang pembantu bisa sangat sukses bahkan melebihi kesuksesan majikannya. Hal terpenting yang harus dipahami adalah kita harus berani bermimpi, memiliki niat yang kuat, dan percaya bahwa mimpi tersebut dapat terwujud.

Mungkin masih banyak inspirasi yang dapat dipetik dari film ini. Setiap orang yang menyaksikan film ini bisa jadi mendapatkan inspirasi yang berbeda.

So, jika ada waktu senggang, tak ada salahnya untuk menyaksikan film ini.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar