#30DWCHari6: Belajar Dari Sesama Manusia

No Comments
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
-- Q.S. Al Hujurat Ayat 13

Manusia itu diciptakan dengan ke-khas-an nya masing-masing. Manusia di muka bumi ini terdiri dari berbagai suku dan bangsa. Mengapa begitu? Berdasarkan surat Al Hujurat Ayat 13, diketahui bahwa perbedaan yang dimiliki manusia di muka bumi ini bertujuan agar manusia itu saling mengenal.

Mengapa kita harus saling mengenal?
Menurut pendapat saya pribadi, dengan mengenal berbagai macam orang, kita dapat menemukan pembelajaran dari setiap orang yang kita kenal. Sebagai seorang manusia, tentunya kita memiliki kelebihan dan kekurangan ataupun sisi positif dan sisi negatif. Dengan saling mengenal, kita akan belajar untuk menghargai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh setiap insan. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan hikmah dan pembelajaran dari sisi positif maupun sisi negatif seseorang.

Dengan mengenal insan yang lain, kita juga bisa mendapatkan berbagai sudut pandang baru. Awalnya mungkin kita melihat sesuatu itu hanya dari sudut pandang sempit yang kita miliki. Tetapi setelah mengenal insan lain, kita bisa melihat sesuatu itu dari sudut pandang lain sehingga pandangan kita terhadap suatu masalah pun akan berubah, bisa jadi menjadi lebih holistik.

Menghindari prasangka
Salah satu sifat buruk yang saya miliki dan ingin saya hilangkan adalah prasangka terhadap orang lain. Kita kerapkali memberikan prasangka buruk terhadap orang lain karena perbuatan yang ia lakukan. Kita menganggap bahwa orang tersebut memang telah berbuat salah. Tapi, apabila kita mengenal orang tersebut dan mencoba untuk memahaminya, prasangka buruk terhadap orang tersebut bisa runtuh. Ketika kita mengetahui latar belakang perbuatannya tersebut, pandangan kita akan berubah. Kita akan menjadi lebih toleran terhadap orang tersebut. Bahkan mungkin kita akan selalu berbaik sangka pada orang tersebut.

Terus belajar
Belajar bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mempelajari sisi positif yang dimiliki oleh orang lain. Namun, kadangkala kita merasa dengki terhadap sisi positif seseorang. Sifat dengki ini harus kita hapuskan sehingga kita bisa lebih terbuka untuk menerima dan mempelajari sisi positif orang lain. Setiap orang memiliki sisi positif yang berbeda-beda. Dengan lebih membuka diri terhadap semua orang, kita dapat menghimpun semua sisi positif tersebut dan mengimplementasikannya dalam kehidupan kita.

Perbedaan merupakan suatu kesempatan bagi kita untuk mempelajari hal yang berbeda dari diri kita. Perbedaan membuat "kita" menjadi semakin kaya. Dengan adanya perbedaan, dunia ini menjadi semakin berwarna asalkan kita sanggup untuk menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada.


sumber gambar: https://retakankata.files.wordpress.com
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar