#30DWCHari9 : Self Study!

19.52

@Bexco

Belajar haruslah merupakan suatu proses berkesinambungan bagi seorang manusia. Mulai dari manusia lahir, tumbuh dewasa, hingga ke liang lahat, manusia haruslah terus menerus belajar.

Semakin saya belajar, maka saya akan sadar bahwa saya adalah orang yang bodoh. Semakin banyak saya membaca, saya sadar bahwa ilmu saya barulah sangat sedikit. Semakin saya memperhatikan dunia disekitar, saya menjadi semakin yakin bahwa saya harus banyak belajar. 

Saya sadar bahwa sudut pandang dan ilmu pengetahuan saya masihlah sangat sempit. Buktinya, tema tulisan di blog ini hanyalah mbulet, masih membahas topik yang relatif sama. Padahal Ali bin Abi Thalib pernah berpesan bahwa, "ikatlah ilmu dengan menuliskannya". Saya bahkan belum terampil untuk mengikat butiran butiran ilmu yang sudah saya kumpulkan.

Sepertinya saya harus lebih banyak mengeksplor dan memperdalam ilmu terkait berbagai hal dengan cara belajar mandiri, atau self study. Sebenarnya saya sudah mencoba memulai proses self study ini. Namun, karena memang tidak di jadwalkan dan tidak di targetkan, semuanya seperti menjadi angin lalu saja.

Tidak sempat self study? Alasan klasik. Karena sebenarnya kata tidak sempat itu sangatlah fana. Hal yang terjadi sebenarnya bukanlah tidak sempat, melainkan tidak menyempatkan diri. Jadi, dengan menyempatkan dan menjadwalkannya, tidak ada kata tidak sempat sebenarnya.

Bagaimana cara self study?
Setelah menentukan topik yang ingin dipelajari, saya biasanya belajar melalui youtube atau berbagai media online lainnya atau melalui web MOOC (Massive Online Open Course) seperti coursera dan edX. Tapi masalah yang terjadi dalam self study yang selama ini saya lakukan adalah saya belum membuat catatan yang tersusun secara sistematis. Dampaknya, begitu saya selesai mempelajari suatu hal yang baru melalui proses self study,semua hilang begitu saja atau tertimpa dengan materi-materi wajib kuliah yang saya pelajari.

Jadi, untuk membuat tulisan di blog ini lebih bervariasi, saya akan mulai mencoba untuk membuat resume tentang hal-hal baru yang saya pelajari dan relevan untuk dibagikan di blog ini (kalo terlalu OOT, nanti jadi terlalu absurd deh blog ini.. hehe)

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe