Menulis Adalah Sebuah Perjalanan

20.57



Sudah lama saya tidak membuat postingan pada blog ini. Sebenarnya saya masih tetap menulis tapi pada blog lain atau hanya sekedar menulis di buku harian. Bagi saya, menulis adalah kegiatan yang menyenangkan karena bisa menuangkan semua inspirasi, sampah pikiran, emosi, cita-cita, kekecewaan, dan berbagai hal lainnya.

Menulis adalah sebuah perjalanan. Jika kita kehilangan arah untuk melangkah, lihatlah tulisan-tulisan yang pernah kita buat.

Pada tahap ini, salah satu tujuan saya menulis adalah masih untuk diri saya sendiri: sebagai bahan introspeksi diri, belajar mengeluarkan ide, dan menstrukturkan cara pikir. Dengan membaca ulang tulisan yang pernah saya buat, saya biasanya akan mendapatkan kembali arah-arah kehidupan yang sebelumnya telah saya susun. Hal ini bermanfaat sekali terutama saat saya kehilangan arah.

Bagi saya menulis adalah sebuah bagian dari perjalanan hidup. Saya selalu berusaha untuk menuliskan setiap kejadian-kejadian yang saya alami, saya rasakan, atau bahkan saya inginkan (cita-cita). Tulisan saya saat ini masih tersebar di blog lain atau masih di tuliskan di buku harian. Terkadang, saya masih belum berani untuk mempublish tulisan pada blog ini karena blog ini adalah blog dengan personal identity. hehe. Beberapa tulisan saya publish pada blog anonimous.

Kita juga dapat mengukur kemajuan kualitas hidup kita melalui tulisan yang kita buat. Jika saya membaca tulisan saya pada masa-masa awal saya membuat blog ini, terlihat perkembangannya. Ya, meskipun saat ini tulisan saya pun belum bisa dikatakan bagus. Mudah-mudahan dengan berlatih menulis di blog ini, kualitas tulisan saya akan membaik.

Jika saya sudah bisa menjadikan menulis ini sebagai kebiasaan, tujuan dari tulisan saya mungkin akan meluas. Tidak hanya untuk konsumsi pribadi, tetapi juga untuk memberikan dampak yang baik bagi para pembaca yang tidak sengaja tersasar di blog ini.

Akhir kata,
saya akan mulai mencoba untuk kembali meramaikan blog ini. 



You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe