#Fist time: Joining Yoga Class

13.47

Sudah sejak bulan Agustus 2017 saya join sebagai member di Osbond Gym Blok M Square, tapi saya belum pernah mengikuti kelas apapun yang dibuka disana.

Hingga suatu saat saya penasaran untuk mengikuti kelas Hatha Yoga hari selasa malam. Saya belum pernah mengikuti kelas yoga sebelumnya. Jadi saya engga begitu paham perbedaan kelas-kelas yoga. Saya sudah googling dulu sebelumnya tentang apa itu hatha yoga. Kurang lebih definisinya seperti ini:


Hatha Yoga 
Yoga ini paling ideal untuk dilakukan oleh seorang pemula. Manfaat yoga ini adalah mengajarkan teknik pernapasan dengan tujuan untuk melatih kelenturan dan keseimbangan tubuh sehingga sangat bermanfaat untuk relaksasi. 


 Oke dari definisinya, konon katanya jenis yoga ini adalah yoga yang ideal untuk dilakukan oleh seorang pemula. Challenge accepted!


Di hari H, saya masuk ke ruangan yoga. Tapi saya agak kikuk karena semua pesertanya adalah wanita. Tapi ya peduli amat. Saya ingin coba, jadi bodo amat pikir saya. Untungnya beberapa saat sebelum kelas dimulai ada tambahan peserta lain, beberapa cowok. Ya, saya selamat, pikir saya dalam hati.


Kelas pun dimulai. Diawali dengan latihan pernafasan. cincai lah. Tapi lama-lama gerakannya bertambah sulit secara eksponensial sial! Susah sih mendeskripsikannya karena saya engga tahu nama gerakannya apa. Beberapa gerakan yang masih saya ingat, misalnya kaki-dikepala-kepala-dikaki, breuh, jumpalikan dll.



Satu hal yang membuat saya khawatir dengan yoga ini adalah saya takut gerakan saya tidak sesuai sehingga bisa menyebabkan salah postur tubuh atau salah tulang. hahaha.. Instruktur kelas hanya berkeliling saja dan tidak membenarkan posisi yang keliru. Ia hanya menyebutkan gerakan yang benar itu seperti apa, tanpa tahu kalo secara individual, kita itu salahnya apa. Karena saya pede aja, saya yakin aja kalo gerakan yang dilakukan itu bener. Tapi mana tau juga sih.

haha..

Kesimpulannya:
Hatha yoga ini sebenarnya sangat menarik jika instrukturnya benar-benar memperhatikan dan membenarkan gerakan kita yang salah. Karena gerakannya yang ajaib bin jumpalikan, saya pikir hatha yoga bisa sangat membantu untuk membentuk postur tubuh yang baik dan membuat tubuh kita semakin lentur

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Subscribe